Lihat ke Halaman Asli

Ikhsan Walfindo

Mahasiswa Pengelolaan Agribisnis Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh

Pentingnya Motivasi bagi Anggota Koperasi dalam Peningkatan Kinerja dan Kualitas Pelayanan

Diperbarui: 1 November 2021   11:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Facebook/Koperasi RRKR

 Pendahuluan

Tanah air kita yaitu negara Indonesia merupakan negara berkembang yang memiliki populasi jiwa terbesar di dunia. Hal tersebut dilihat dari posisinya yang menempati urutan keempat dengan populasi sebanyak 276,534,244 juta jiwa atau setara dengan 3,51% total penduduk dunia. Dengan banyaknya jumlah penduduk tersebut maka akan menimmbulkan berbagai permasalahan yang cukup sulit untuk diatasi, salah satunya adalah dalam hal kesejahteraan masyarakat.

Banyak cara yang dapat dilakukan dalam mencapai kesejahteraan tersebut, salah satunya yaitu dengan peran dari berbagai pihak terutama pemerintah. Berbagai cara yang efektif untuk dilakukan salah satunya adalah mengajak masyarakat untuk ikut andil dalam kegiatan koperasi. Dalam kedudukannya koperasi memiliki landasan hukum yang sangat kuat karena telah dimuatnya koperasi didalam perundang-undangan. Dari hal tersebut diharapkan koperasi akan menjadi jembatan bagi masyarakat dalam meningkatkan perekonomian untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Sebagai anggota koperasi yang tentu memiliki peranan penting dalam mencapai tujuan bersama, tentu harus dapat membentengi diri baik itu internal maupun eksternal. Salah satu contoh faktor intrernal yaitu keikutsertaan anggota dalam kegiatan koperasi seperti dengan memberikan motivasi anggota. Motivasi diartikan sebagai suatu dorongan atau keinginan dari dalam dirinya sendiri untuk ikut serta didalam suatu kegiatan yang semata-mata hanya untuk kepentingan bersama.

Pembahasan

Kondisi dilapangan saaat ini masih jauh dari kata sejahtera, Masyarakat dikatakan sejahtera jika sudah mampu memenuhi kebutuhan primer nya dengan teratur, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pemerintah melakukan berbagai cara salah satunya adalah memberikan motivasi kepada para anggota koperasi sehingga dapat melakukan kinerja dengan baik yang nantinya akan berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat.

Motivasi adalah suatu kondisi dimana seseorang memiliki kemauan sendiri dari dirinya untuk memaksimalkan potensi yang dimilikinya yang nantinya akan ikut serta berperan penting dalam membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Anggota dikatakan termotivasi ketika telah mengerahkan seluruh tenaga dan pikirannyatanpa paksaan untuk sebuah koperasi yang semata-mata untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Dalam koperasi kinerja anggota menjadi salah satu faktor internal yang sangat penting dan harus diperhatikan. Kinerja anggota dikatakan sudah baik ketika telah mencapai target yang telah ditetapkan sebelumnya, untuk mencapai target tersebut tentunya perlu kesadaran diri dari masing-masing anggota untuk bekerja dengan baik dan sempurna sehingga tujuan bersama yang telah direncanakan dapat diwujudkan. Jika kinerja anggota koperasi sudah baik maka masyarakat disekitar koperasi akan mendapatkan manfaat yang besar dan membuat lingkungan disekitar koperasi menjadi lebih baik.

Ketika kinerja anggota sudah baik maka harus berbanding lurus dengan pelayanan terhadap masyarakat, kualitas layanan merupakan suatu nilai dimana para anggota merasa bahwa apa yang diberikan sudah sesuai dengan yang diinginkan. Dengan tingginya kualitas pelayanan yang dimiliki anggota koperasi maka para masyarakat akan semakin banyak yang ikut andil dalam kegiatan koperasi sehingga perekonomian masyarakat menjadi terbantu dan kesejahteraan masyarakat meningkat.

Penutup

Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat maka sangat diperlukan peran dari anggota koperasi, salah satu hal yang menjadi penting adalah motivasi bagi anggota koperasi, dengan adanya motivasi kepada anggota dapat meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan terhadap nasabah yang disini adalah masyarakat sekitar koperasi. Jika kinerja dan pelayanan anggota sudah baik maka koperasi sudah berperan dalam meningkatkan perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline