Lihat ke Halaman Asli

Public Speaking, Seni Berbicara yang Indah

Diperbarui: 25 Desember 2023   22:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber foto:canva

          

         Public Speaking,adalah seni berbicara di depan umum. Dikatakan demikian karena khalayak atau pendengarnya berjumlah banyak, seperti masyarakat umum atau rakyat sebuah negara. Butuh keterampilan dan keberanian untuk melakukan public speaking. Selain harus mengatasi grogi, seorang public speaker (pelaku public speaking) harus memiliki keterampilan dan kemampuan berbicara yang mudah dipahami dalam waktu singkat.

Butuh keterampilan dan keberanian untuk melakukan public speaking. Selain harus mengatasi grogi, seorang public speaker (pelaku public speaking) harus memiliki keterampilan dan kemampuan berbicara yang mudah dipahami dalam waktu singkat.Ada sebuah pemahaman tentang public speaking selain dari definisi tersebut tentu saja masih terdapat beberapa definisi lainnya. Namun secara umum public speaking  adalah sebuah seni berkomunikasi yang dilakukan secara lisan untuk menyampaikan ide,gagasan, pesan dan pendapat yang bertujuan menginformasikan, menghibur, mempengaruhi dan dilakukan didepan audiens dengan metode dan struktur tertentu.

 Ada unsur-unsur tertentu yaitu kita sebagai pembicara di depan audiens,Siapkan diri kita sebaik mungkin untuk melakukan pembicaraan di khalayak umum,karena value nya sang pembicara itu dapat memengaruhi dan rangsangan psikologis terhadap audiens. “biasakan membuka jalan di “otak” kata Coach Sampurna Budi yang akrab disapa Uncle Sam untuk terus melatih kemampuan berbicara.

      1. PENGERTIAN PUBLIC SPEAKING,MENURUT PARA AHLI

Berikut adalah beberapa pengertian public speaking menurut para ahli:

Aristoteles
Menurut Aristoteles, public speaking atau retorika adalah seni dan ilmu persuasi melalui kata-kata.

Dale Carnegie
Menurut Dale Carnegie, PS adalah kemampuan untuk mempengaruhi orang lain melalui berbicara di depan umum.

Stephen E. Lucas
Menurut Stephen E. Lucas, PS adalah proses komunikasi verbal yang dirancang untuk mempengaruhi pemikiran, perasaan, atau tindakan audiens.

      Pembukaan atau opening saat publik speaking adalah bagian yang sangat krusial dari keseluruhan public speaking.Nyatanya,tidak sedikit orang belum dapat membuka public speaking secara efektif,sehinnga audiens cenderung abai terhadap pesan yang disampaikan.Kamu harus tahu bahwa "satu kata" yang keluar dari mulut kamu bisa membrikan dampak yang luar biasa kepada audiens.Dengan kata-kata tertentu,kamu bisa membuat audiens menjadi dekat,percaya,dan menaruh perhatian kepada kamu lohh!.

     Latihan public speaking memang butuh ketekunan.Namun,yang namanya jenuh ternyata sulit untuk dihindarkan.Wajar kalau kamu merasa bosan. Tapi jangan kamu jadikan bosan sebagai alasan untuk berhenti latihan.Public speaking adalah soft skill yang berguna untuk berkomunikasi. Dengan kata lain, berbicara memakai teknik ini akan mempermudah penyampaian pesan kepada audiens.Apabila ada seseorang dihadapkan untuk berbicara di depan khalayak, seperti pidato misalnya, kebanyakan dari mereka kurang percaya diri serta tidak memiliki keinginan untuk menguasai keterampilan berkomunikasi dengan baik. Padahal saat mereka mampu berbicara jelas, maka pesan yang disampaikan akan lebih mudah diterima pendengarnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline