Lihat ke Halaman Asli

Ikhsan Oktami

Fresh Graduate on Library and Information Science | Lulusan Perpustakaan dan Ilmu Informasi

Rokok jadi Penyebab Paru-Paru Basah, Bukan Mandi Malam dan Angin Malam? Kok Bisa?

Diperbarui: 1 Maret 2023   21:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Alodokter.com

Pembaca sekalian pasti pernah mendengar istilah "Paru-Paru Basah".pasti sobat pembaca sekalian pernah mendengar stigma masyarakat awam yang mengatakan  penyebab penyakit ini adalah "mandi malam" dan "angin malam". Gak pake lama langsung ke pembahasan apa si penyakit Paru-Paru basah itu? , apa penyebabnya? , bagaimana pencegahan dan pengobatannya?

Paru-paru basah( Pneumonia) merupakan penyakit radang paru yang disebabkan oleh virus, bakteri, dan jamur. Dilansir dari kanal youtub TED-Ed " Why is Pneumonia so dangerous?-Eve Gaus and Vanessa Ruiz" penyebab dari Pneumonia ini terjadi disebabkan masuknya virus,abkteri,atau jamur lewat udara, dan juga sentuhan. Udara atau tangan yang sudah terkontaminasi oleh virus,bakteri atau jamur masuk lewat rongga hidung , mulut,dan mata. 

Normalnya manusia akan bereaksi batuk dan berdahak keluar mulut. namun ada kalanya virus,bakteri, dan jamur tadi malah masuk makin dalam ke bronkus paru-paru bahkan ke alveolus tempat pertukaran darah ber CO2(karbondioksida) dengan O2(oksigen). Tubuh manusia merespon dengan mengirim sel darah putih dan menciptakan inflamasi, hasil sampingan inflamasi inilah yang menjadi cairan yang menggenangi alveolus manusia atau yang di sebut Pneumonia/paru paru basah.

       

Mekutip dari pernyataan dokter Ekida Rehan Firmansyah pada akun tiktoknya ekidarehanf (01/27/23) mengatakan " penyebab Paru-paru basah/Pneumonia adalah udara kotor(polusi udara)  yang sudah terkontaminasi virus, bakteri dan jamur" serta megatakan mandi malam tidak masalah selagi udara sekitar bersih, kecuali mandi sambil ngerokok atau ada yang ngerok di  dekat tempat saat kita mandi. Pernyataan yang sama juga pernah di sebutkan dokter Tirta dengan syarat "jangan sampai kedinginan"

Dikutip dari kanal youtube Nucleus Mediacal Media dan juga Kemenkes.ri tindakan pencegahan dengan melakukan vaksinasi/imunisasi, cuci tangan dan hindari telalu lama menghirup asap rokok dan polusi udara di jalan. Gunakan lah masker saat berada di jalan raya atau tempat dengan potensi polusi udara  tinggi.

Pengobatan dengan pemberian obat antibakteri dan antiviral pada pengidap Pneumonia/paru-paru basah. untuk orang dewasa sehat perawatan bisa di rumah saja. namun untuk orang yang parah dengan pemberian oksigen dan veltilasi buatan bahkan tindakan operasi.

Orang-orang yang rentan terkena Pneumonia/paru-paru basah ini adalah anak-anak dan orang tua. Saran penulis berikan masker pada mereka  saat berkendara terutama menggunakan motor dan jangan merokok di dekat mereka.

"mencegah lebih baik dari pada mengobati"

Terima Kasih

salam hangat




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline