Lihat ke Halaman Asli

Kompasiana Jadi Penelitian Skripsi!

Diperbarui: 18 Juni 2015   09:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14036012871498139219

[caption id="attachment_312573" align="alignnone" width="362" caption="Dok. Pribadi"][/caption]

Barusan masuk inbox di profil saya dari seorang member kompasiana yang tidak saya kenal, namanya Henii Susilowati bergabung dengan kompasiana sejak 16 Juni 2014 yang berarti baru seminggu dengan 0 artikel ,0 komentar,0 teman dan tanpa ada foto profil.

Heni yang mengaku sebagai mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Bunda Mulia Jakarta ini katanya sedang melakukan penelitian skripsi mengenai "Motif Khalayak Dalam Mengakses Kompasiana Sebagai Pemuas Informasi" dengan kriteria subjek penelitian sebagai berikut :

1. Khalayak Kompasiana
2. Usia minimal 18 tahun
3. Pria maupun wanita
4. Memiliki keanggotaan di Kompasiana minimal 1 tahun
5. Aktif menulis dan berkomentar minimal 5 kali

Karena metode penelitian ini bersifat kualitatif sehingga data yang diperoleh harus melalui wawancara, untuk itu si pengirim pesan meminta saya untuk menjadi salah satu responden dalam penelitian ini tapi karena saya merasa tidak memenuhi kriteria sampel, jadi saya menolak secara halus karena keanggotaan saya di kompasiana belum 1 tahun baru beberapa bulan saja.

Sebagai peneliti apalagi ini melalui dunia maya, sebaiknya Henii Susilowati melengkapi foto profil, atau yang paling penting mengusahakan agar akunnya terverifikasi sehingga apabila tujuannya memang untuk melakukan penelitian maka saya rasa akan banyak rekan kompasiana atau kompasianer membantu dengan senang hati. Selain itu, ini juga mendatangkan manfaat bagi kompasiana sendiri karena ada penelitian yang mengkaji tentang kompasiana. Untuk saudari Henii Susilowati saya sarankan menghubungi pihak kompasiana langsung untuk mempermudah proses penelitian, sehingga kompasiana bisa mengkoordinir para kompasianer yang memenuhi kriteria untuk dijadikan sampel.

Salam




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline