Lihat ke Halaman Asli

Ike dewirahmati

Ike dewi rahmati

Metode yang Efektif dalam Penilaian Kinerja

Diperbarui: 13 Desember 2021   10:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kajianpustaka.com

Pada dasarnya kemampuan karyawan atau pekerja itu berbeda-beda. Kita bisa melihatnya dengan keseharian mereka saat melakukan aktivitas kerjanya. 

Saat melakukan evaluasi kesehariannya kita bisa menyebut dengan penilaian kinerja karyawan. Penilaian kinerja karyawan itu di laksanakan dengan terstruktur atau berkala oleh sebuah  perusahaan. 

Tujuan yang di tempuh dalam menerapkan penilaian kinerja karyawan ini adalah mengetahui  perkembangan sumber daya manusia dalam perusahaan. 

Kita bisa tau sumber daya manusianya itu mangalami penurunan  atau peningkatan. Maka dari itu perusahaan perlu menilai mereka dengan melihat kesehariannya karena mengevaluasi karyawan itu sangat penting dalam peningkatan produktivitas. 

Untuk itu kita perlu tau metode apa yang harus dilakukan oleh perusahaan. Nah dalam artikel ini kita akan membahas metode-metode yang efektif dalam penilaian kinerja karyawan. 

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai topik inti dari artikel ini, alangkah baiknya kita harus mengetahui apa itu penilaian kinerja?

Penilaian kinerja adalah proses menilai aktivitas karyawan di setiap harinya dengan menggunakan cara tertentu guna mengetahui perkembangan karyawan. 

Adapun beberapa definisi yakni pertama penilaian kinerja merupakan penilaian yang dilaksanakan pada karyawan yang bertujuan untuk sekedar mengetahui bagaimana kemampuan yang dimiliki dan mengukur seberapa banyakproduktivitas yang selama ini mereka hasilkan saat bekerja. 

Kedua penilaian kerja ialah mengevaluasi kinerja karyawan dengan adanya waktu yang di tentukan atau bisa juga menilai dari prestasi karyawan individu. Kemudian ada beberapa ahli mengatakan bahwa penilaian kinerja adalah  suatu bentuk tolak ukur mengenai kontribusi pada karyawan secara individu dalam sebuah perusahaan.

Dari semua pengertian diatas, dapat disimpulkan  bahwasanya penilaian kerja itu sebuah proses pemahaman kepada karyawan mengenai kinerja masing-masing karyawan guna mencapai tujuan.

Penilaian kinerja bukan  bertujuan untuk membantu perusahaan dalam  peningkatan produktivitas saja, akan tetapi juga memiliki manfaat untuk mengembangkan skill dari diri karyawan. Maka dari itu penilaian kerja itu sangat penting.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline