Lihat ke Halaman Asli

ike dewi

pelajar

Mengenal Tanaman Telang

Diperbarui: 27 Agustus 2024   07:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Bunga cantik yang berasal dari ternate indonesia. Tanaman yang dapat bertahan meskipun dicuaca kering. Menanamnya juga cukup mudah hanya dengan menabur bibit dan diberi pupuk sedikit. 

Bunga telang memiliki berbagai manfaat didalamnya. Warna biru alami yang dapat digunakan untuk makanan ataupun minuman. Memiliki manfaat yang banyak dan juga warna yang menarik bunga telang sering dilirik oleh masyarakat. 

Tidak hanya digunakan untuk manusia saja, tetapi dapat digunakan untuk pakan. Dapat menambah nutrisi tanah untuk menanam. 

Bunga telang tidak hanya berwarna ungu. Tetapi juga ada yang berwarna putih. Meskipun yang berwarna putih tidak memberikan pewarna alami tetapi tetap bermanfaat untuk kesehatan.

SMAN 1 Jombang saat ini melakukan penanaman telang disekitar lahannya. Para guru mengenalkan tanaman telang kepada para siswanya. Para siswanya melakukan riset pada bulan Agustus 2024. 

Mereka mempelajari berbagai manfaat tentang tanaman telang. Mereka juga diajarkan untuk memetik telang yang siap untuk diolah. Cara pengolahan yang terbilang cukup mudah membuat siswa mencoba. 

Pada akhirnya para siswa mencoba membuat teh telang. Mereka takjub akan warna biru keunguan yang yang dihasilkan. Walaupun tidak terdapat rasa didalam bunga telang, tetapi para siswa dapat menginovasikan. Para siswa juga mencoba warna alami bunga telang untuk berbagai makanan.

Daun bunga telang yang terlihat seperti daun daun lainnya, tetapi menjalar. Daun yang berwarna hijau gelap itu memberi kesan warna yang pekat. Tanaman bunga telang juga memiliki biji. Bentuk biji yang seperti kacang kedelai. 

Ketika bijinya berwarna hijau biji terlihat kecil-kecil. Tetapi ketika sudah berubah menjadi coklat akan terlihat besar dan berwarna hitam. Bunga yang terlihat menarik berwarna ungu ataupun putih. Tidak terdapat bau dibunga nya. Kecantikan bunga telang yang mirip seperti kupu-kupu memberikan kesan menarik saat seseorang melihatnya. Si bunga yang tidak hanya cantik tapi bermanfaat.

Tanaman telang atau clitoria ternatea biasanya dikenal dengan tanaman merambat. Tanaman yang berasal dari ternate indonesia ini dapat bertahan meskipun dicuaca kering. Dapat ditemukan dikebun yang liar karena tidak memerlukan perawatan khusus. Akhir-akhir ini tanaman telang mulai dikenal dimasyarakat. 

Tanaman telang yang dapat digunakan untuk herbal karena berkhasiat bagi tubuh. Bunga telang berbentuk mirip kupu-kupu yang berwarna ungu,putih ataupun pink. Bunga telang hasil panen dipasarkan dengan berbagai bentuk. Seperti dikeringkan lalu akan dibuat teh ataupun dibuat sebagai perwarna makanan. Bunga telang yang tersedia kering juga memerlukan penyimpanan khusus. Karena bunga telang kering harus tahan lama agar tidak terjadi jamur atau bakteri lain.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline