Lihat ke Halaman Asli

Ikbar Galuh Pramesti

Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Mahasiswa KKN-T Inovasi IPB Bergotong Royong Meningkatkan Kesadaran Kebersihan di Desa Cimohong

Diperbarui: 21 Agustus 2023   14:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kerja bakti dengan warga RW 2 dan RW 3 Desa Cimohong/Sumber: Dokumentasi pribadi penulis

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata - Tematik (KKN-T) Inovasi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) kembali menunjukkan komitmen untuk berkontribusi dalam pembangunan masyarakat. Pada tanggal 16 Juli 2023, mahasiswa KKN-T Inovasi IPB bergotong royong bersama warga Desa Cimohong untuk melaksanakan kerja bakti  di RW 2 dan RW 3 desa Cimohong. Desa Cimohong terletak di Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat disini yaitu kurangnya kesadaran akan kebersihan lingkungan yang menyebabkan selokan tercemar dan menimbulkan bau tidak sedap. Oleh karena itu, Mahasiswa KKN-T Inovasi IPB berinisiatif untuk melaksanakan program kerja di bidang lingkungan, khususnya dalam meningkatkan kesadaran kebersihan dengan melaksanakan kerja bakti.

9 mahasiswa KKN-T Inovasi IPB turut serta dalam kegiatan kerja bakti ini, dengan semangat dan antusiasme untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat Desa Cimohong. Mereka bekerja keras mengajak dan membantu menata fasilitas umum dan membersihkan lingkungan, khususnya selokan. Mereka melibatkan warga sekitar dalam proses tersebut dengan tujuan membangun kolaborasi yang erat antara masyarakat dan mahasiswa. Disisi lain, dengan dilaksanakannya kerja bakti ini semoga dapat menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Mahasiswa bersama warga bekerja keras membersihkan saluran air. Kerja bakti ini tidak hanya memberikan manfaat fisik seperti perbaikan infrastruktur, tetapi juga mempererat hubungan antara mahasiswa dan masyarakat, serta mendorong kesadaran akan pentingnya partisipasi aktif dalam pembangunan desa. Diharapkan, semangat kolaboratif ini akan terus berlanjut dan memberikan dampak positif jangka panjang bagi Desa Cimohong dan komunitas sekitarnya.

Foto bersama dengan siswa-siswi SD Negeri Cimohong 01/Sumber: Dokumentasi pribadi penulis

Selain pelaksanaan kerja bakti dengan warga RW 2 dan RW 3, Tim mahasiswa KKN-T Inovasi IPB juga memiliki program kerja edukasi dan pengelolaan sampah dengan memberikan penyuluhan tentang jenis-jenis sampah serta pengelolaan sampah kepada siswa-siswi SD Negeri Cimohong 01 yang dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2023. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan edukasi kepada generasi muda bahwa menjaga kebersihan lingkungan sangatlah penting serta bertujuan agar mereka dapat mengelola kembali sampah anorganik menjadi suatu produk yang dapat digunakan.

Pengelolaan sampah dengan mendaur ulang sampah plastik/Sumber: Dokumentasi pribadi penulis

Penyuluhan dan edukasi jenis-jenis sampah/Sumber: Dokumentasi pribadi penulis

Materi disampaikan oleh anggota KKN-T Inovasi IPB yaitu Ikbar dan Risqi mengenai apa itu sampah, jenis-jenis sampah, penggolongan tempat sampah berdasarkan jenisnya, dan dampak negatif membuang sampah sembarangan, sehingga diharapkan anak-anak dapat menyadari bahwa kita harus membuang sampah sesuai dengan tempatnya.

Kepala SD Negeri Cimohong 01, Bapak Tofik Pudin, mengungkapkan apresiasi yang mendalam terhadap kontribusi mahasiswa KKN-T Inovasi IPB. Beliau menyatakan, "Dengan adanya kehadiran para mahasiswa semoga menjadi awal kesadaran bagi anak-anak untuk menjaga kebersihan lingkungan."

Keyword: Desa Cimohong, Inovatif, IPB University, KKN-T Inovasi, Kreatif, Lingkungan Hidup

Penulis: Muhammad Risqi Setiawan

Editor: Ikbar Galuh Pramesti




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline