Lihat ke Halaman Asli

Ikbal Ropik

Pasca Sarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Model Dasar Pengawasan dan Evaluasi Pendidikan

Diperbarui: 6 Oktober 2024   11:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Galeri Rasulullah Masjid Raya Al-Jabar Bandung/dokpri

Konsep model pengawasan dan evaluasi program pendidikan

(1) Definisi model pengawasan dan evaluasi program pendidikan

Model adalah pola (contoh, acuan, ragam) dari sesuatu yang akan dibuat atau dihasilkan. Model evaluasi ialah desain atau pola umum untuk melakukan evaluasi yang dibuat oleh ahli-ahli atau pakar-pakar evaluasi. Disimpulkan bahwa: Model pengawasan/evaluasi merupakan proses pengumpulan data atau informasi yang ilmiah yang hasilnya dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi pengambil keputusan dalam menentukan alternatif kebijakan Pendidikan.

(2) Tujuan model pengawasan dan evaluasi pendidikan

Untuk menunjang pencapaian kualitas program yang menjadi tanggung jawab lembaga, menunjang sebagai media upaya menjaga kualitas program pembelajaran, Sebagai panduan dalam pelaksanaan lembaga pendidikan.

(3) Fungsi model pengawasan dan evaluasi pendidikan

Diperlukan dalam upaya menjaga kualitas pembelajaran dalam lembaga pendidikan. Dan pengawasan harus berpedoman pada: rencana, perintah, tujuan, kebijakan yang telah ditentukan sebelumnya.

(4) Ketetapan penentuan model evaluasi program

Bermakna bahwa ada harapan keeratan tautan antara evaluasi program dengan jenis program yang dievaluasi. Program ini dibedakan menjadi 3: program pemrosesan, program layanan dan program umum.

Klasifikasi model evaluasi program pendidikan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline