Lihat ke Halaman Asli

Ikbal Ropik

Pasca Sarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kesimpulan, Rekomendasi dan Tindak Lanjut Hasil Pengawasan dan Evaluasi Pendidikan

Diperbarui: 20 Mei 2024   08:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengawasan dan evaluasi pendidikan karya Prof. Dr.H. Ahmad Rusdiana, Drs.MM./dok. pri

Kesimpulan merupakan hal yang ditunggu dari uraian sebuah penjelasan. Kesimpulan juga dianggap sebagai hasil yang menentukan dalam suatu percakapan atau pengajaran yang berlangsung. Karena itu kesimpulan itu bisa dianggap hal inti yang dijadikan pegangan dan penilaian dalam sebuah pembelajaran, begitupula kesimpulan itu begitu penting bagi siswa dalam mengambil benang merah dari pembelajaran. Menandakan siswa memahami apa yang disampaikan oleh guru. Namun dalam menyimpulkan apakah kesimpulan yang didapatkan siswa itu kesimpulan sesuai dengan yang diharapkan oleh guru ? atau kesimpulan yang didapatkan oleh siswa itu kesimpulan yang tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh guru ?, Karena kesimpulan yang didapatkan oleh pendengar (audience) mau tidak mau itu merupakan hasil dari apa yang disampaikan oleh orang yang menyampaikan. Atau jika kesimpulan itu disampaikan oleh guru atau dosen maka kesimpulan itu tentu harus diuraikan secara baik dan dengan konsep yang baik agar siswa mendapatkan informasi sempurna dari uraian sampai kesimpulan dan kecil kemungkinan akan mendapatkan kekeliruan dalam pemahaman karena guru/dosen sendiri yang langsung menjelaskan hasil dari uraiannya. Adapun cara mengambil kesimpulan yang baik kita harus memahami penjelasan berikut:

Pertama, Konsep Penyusunan Kesimpulan dan Rekomendasi

Kesimpulan adalah keputusan yang diperoleh berdasarkan metode berfikir induktif atau deduktif. Begitupula kesimpulan itu merupakan pernyataan singkat terkait dengan hasil analisis dan pembahasan tentang hasil tes hipotesis yang dilakukan. Kesimpulan ini dihasilkan dari fakta-fakta atau hubungan yang logis. Sedangkan dalam wikipedia kesimpulan itu diartikan "Suatu proposisi (kalimat yang disampaikan) yang diambil dari beberapa premis (ide pemikiran) dengan aturan-aturan inferensi (yang berlaku).

Adapun langkah menyusun kesimpulan dan saran:

  • Sebagai langkah pertama, penulis menguraikan garis besar permasalahan dan kemudian memberi ringkasan tentang segala sesuatu yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya.
  • penulis harus menghubungkan setiap kelompok data dengan permasalahan untuk sampai pada kesimpulan tertentu.
  • dalam menyusun kesimpulan adalah menjelaskan mengenai arti dan akibat-akibat tertentu dari kesimpulan-kesimpulan itu secara teoritik maupun praktis.

Diantara syarat dalam menyusun kesimpulan diantaranya kesimpulan dibuat dengan singkat, jelas dan mudah dipahami.

Kedua, Konsep Penyusunan Kesimpulan dan saran

Menurut Hiro Tugiman "rekomendasi atau saran merupakan pendapat auditor yang telah dipertimbangkan mengenai suatu situasi tertentu dan mencerminkan pengetahuan penilaian dan merancang memperbaiki kondisi dalam suatu temuan-temuan pengauditan".

Adapun kriteria pertimbangan dalam membuat rekomendasi adalah sebagaimana yang dikatakan Hiru Tugiman setidaknya ada lima yaitu:

  • Memperbaiki kondisi yang ada atau menyelesaikan masalah.
  • Dapat ditindak lanjuti secara logis, praktis dan reasonable.
  • Bersifat korektif dan konstruktif.
  • Sebagai solusi jangka pendek dan jangka panjang dan
  • Merupakan pelaksanaan dari proses audit yang dijalankan secara benar.

Ketiga, Model Contoh Rekomendasi Evaluasi Diri Sekolah untuk Rencana Kerja Anggaran Sekolah

Meliputi dua hal yaitu standar isi dan standar proses dengan uraian garis besar sebagai berikut

  • Meiputi standar isi: Kurikulum sudah sesuai dan relevan, Sekolah menyediakan pengembangan pribadi peserta didik
  • Standar Proses: Silabus sudah sesuai atau relevan dengan standar, RPP dirancang untuk mencapai pembelajaran efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik, Sumber belajar dapat diperoleh dengan mudah dan digunakan secara tepat.
  • Pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, kreatif, menantang dan memotivasi peserta didik., supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilaksanakann secara berkala dan berkelanjutan.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline