Lihat ke Halaman Asli

Ikbal maulana

Saya adalah mahasiswa dari stei SEBI semester 2 jurusan Hukum Ekonomi Syariah

Sebuah Peluang Dakwah di Era Digital

Diperbarui: 3 September 2022   06:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ini adalah sebagian gambaran problematika tantangan dakwah saat ini, khususnya di era teknologi dan komunikasi, yang mau tidak mau harus kita hadapi dan merupakan tanggung jawab kita untuk islam ke depan.Tantangan dakwah beraneka ragam bentuknya, selama ini kita hanya mengenal dalam bentuk klasik;penolakan, cibiran, cacian, bahkan teror. Banyak para da'I mampu mengatasi dengan baik Karena didukung oleh niat yang kuat sebagai seorang pejuang. Meski demikian ada pula yang tidak mampu mengatasi hingga tersingkir dari medan dakwah. 

Kini ada tantangan baru dalam dakwah Ketika kehidupan berpolitik dan bernegara telah melibatkan partisipasi langsung seluruh masyarakat maka yang terjadi adalah muncullah banyak politikus dan pemimpin negeri ini yang berlatar agama cukup kuat. Tantangan dakwah dalam bentuk ini menjawab tuntutan zaman diera modern, khususnya diera teknologi informasi dan komunikasi yang sudah mengglobal seakan dunia berada dalam sebuah genggaman kita.

Fasilitas internet merupakan yang terlengkap dan efisien,dimana segala bentuk dan macam informasi dapat diakses dengan mudah dan murah termasuk dalam hal ini adalah dakwah ,diera teknologi didukung dengan semakin menjamurnya warung internet yang memasang tarif murah, kemana dan dengan siapapun Sekarang kita bisa lakukan dakwah dengan mengunakan fasilitas digital bisa melalui radio, televise, telpon seluler, media internet, facebook, atau twiter. 

Dakwah bisa dilakukan melalui media massa dan diterima oleh orang banyak. Karena sifatnya massal maka penerima pesan dakwah tidak hanya dikalangan tertentu saja. Kalangan yang dijangkau bisa luas begitu pula dampak yang ditimbulkannya. Oleh karena itu, kini berdakwah mempunyai tantangan sendiri.Namun...kemajuan teknologi dan informasi, khususnya media televisi memungkinkan seorang agar materi ceramahnya tetap menarik untuk disimak serta tidak membuat jenuh bagi madu' Kegiatan dakwah akan dapat yang strategis dan tepat dalam menyampaikan ajaran-ajaran Allah swt.

Salah satu aspek yang bisa ditinjau adalah dari segi sarana dan prasarana dalam hal ini adalah media dakwah, karena dakwah merupakan kegiatan yang bersifat universal yang menjangkau semua segi kehidupan manusia, maka dalam penyampaiannya pun harus dapat menyentuh semua lapisan masyarakat Para kader dakwah harus memiliki karakter yang kuatPara kader dakwah harus memiliki karakter yang kuat ,agar bisa mensikapi berbagai tantangan tersebut dengan tegar,Kegiatan dakwah akan dapat berjalan secara efektif dan efisien

harus menggunakan cara strategis dalam menyampaikan ajaran-ajaran Allah SWT. Salah satu aspek yang bisa ditinjau adalah dari segi sarana dan prasarana yakni media dakwah, karena dakwah merupakan kegiatan yang bersifat universal yang menjangkau semua segi kehidupan manusia, maka dalam penyampaiannya pun harus dapat menyentuh semua lapisan.Sehingga kegiatan dakwah dapat berjalan dengan baik.

 Oleh karena itu setiap kader dakwah harus selalu sadar dan waspada terhadap perkembangan masyarakat dewasa ini sehingga masyarakat lebih 

sensitive atau peka terhadap lingkungan sekitar.

Nama : Ikbal Maulana




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline