Lihat ke Halaman Asli

Ika Trina Fauziana

Guru SD, ibu rumah tangga dengan 2 orang anak

Mendorong Guru Memanfaatkan IT Saat Pembelajaran

Diperbarui: 15 November 2016   19:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

IT (Informasi Tehnologi) adalah kata yang saat ini telah tidak asing lagi dan bukan hal isimewa apabila kita memanfaatkannya. Namun hal itu akan terasa asing dan terasa sangat istimewa jika kita menyajikan pada kalangan yang masih berada pada tahap awal untuk memanfaatkan IT. Namun seharusnya pada zaman saat ini tepatnya kita telah berada pada masa menyongsong MEA, yang mana semua kalangan harus dapat memanfaatkan IT. Terutama untuk para pendidik atau guru, dimana pembelajaran saat ini yang telah beragam materi yang harus dipelajari dan disajikan pada siswa. Salah satu tujuan penggunaan IT adalah menarik minat siswa untuk mempelajari materi yang disajikan. Namun jika akan memberikan pembelajaran yang menarik,maka guru sebagai penyaji juga harus mampu membuat sajian dengan menggunakan IT dengan bentuk yang menarik juga.

Salah satu program wajib yang telah dilaksanakan di SDN 1 Alasmalang contohnya, program SaguSala (Satu Guru Satu Laptop). Program yang ada dapat diterima dan dilaksanakan dengan mudah oleh para guru yang masih "muda" dan mudah melaksanakan tugas dengan menggunakan Laptop. Bagaimana dengan yang sudah berada pada usia tidak muda lagi?. Masih cuek dengan tugas tugas yang harus disajikan dengan Laptop. namun yang berusia muda selalu memberikan pengetahuan dan sering "mameri" (memberikan pengetahuan baru) tentang hal hal yang menggunakan laptop, dan memberikan dorongan kuat untukmembeli laptop. Sehingga program yang ada sukses tercapai delesaikan danngan Satu Guru Satu Laptop.

PR selanjutnya setelah semua dewan guru mempunyai laptop adalah memimbing teman guru yang lain untuk lebih giat belajar dan dapat mengerjakan tugas tugas utama atau pelaksanaan administrasi pribadi. Tugas lain yang daa adalah memberikan sajian menarik kepada siswa dengan pembelajaran yang menggunakan IT. Sehingga sampai saat ini sampai kedepan dapat memberikan sajian menarik dan semakin menarik pada siswa. Sehingga siswa lebih menyenangkan dalam menerima materi pembelajran yang disajikan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline