Lihat ke Halaman Asli

Teknologi Informasi sebagai Keunggulan Strategi

Diperbarui: 19 April 2016   20:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Kita ketahui di jaman yang semakin modern ini teknologi informasi tidak hanya bisa aplikasikan di lingkungan pendidikan saja, seperti di sekolah,  institut ataupun di universitas saja. Tapi juga bisa diaplikasikan dalam perusahaan dengan tujuan membantu dan mempermudah perusahaan dalam menghadapi persaingan didunia bisnis. Permasalahan yang di hadapi oleh perusahaan bukan hanya harus berhadapan dengan pesaing, akan tetapi perusahaan juga di hadapkan dengan permasalahaan yang di kaitkan dengan pelanggan, pemasok, dan investor potensial yang akan berinvestasi untuk produk yang sama dengan yang di hasilkan perusahaan, dan perusahaan yang memberikan produk serta layanan yang bisa menjadi alternatif bagi pengganti produk yang di hasilkannya.

Untuk menghadapi masalah-masalah yang sering muncul dan menjadi kendala majunya suatu perusahaan salah satu alternatifnya kita bisa menggunakan jasa teknologi sistem informas.i Menggunakan sistem informasi teknologi dalam dunia bisnis untuk menghadapi globalisasi sering menghasilkan perusahaan unggul dalam bersaing di pasar. Strategi sistem informasi ini menggunakan teknologi informasi untuk menghasilkan produk, jasa, proses, dan kemampaun yang membuat perusahaan unggul di bandingkan dengan perusahaan lain.

Strategi sistem informasi teknologi memberikan harapan pada perusahaan untuk memperoleh posisi yang menguntungkan bagi perusahaan di antara lingkungan yang mempengaruhinya.

Berikut beberapa strategi sangat bermanfaat untuk perusahaan  yang bisa di aplikasikan melalui sistem informasi :

·         Strategi biaya, dengan menggunakan teknologi informasi perusahaan dapat memproduksi dengan biaya lebih murah, penurunan biaya yang di keluarkan oleh pelanggan saat mau membeli produk dan menurukan biaya yang harus oleh pemasok saat menjual barang.

·         Strategi diferensiasi, membangun cara bagaimana menggunakan teknologi informasi untuk mendiferensiasi produk dan jasa dari produk dan jasa yang di hasilkan dari pesaing sehingga konsumen akan mempersepsikan bahwa produk dan jasa yang di hasilkan memilki bentuk dan keuntungan sendiri. Misalnya memberikan layanan kepada konsumen dengan cepat dan lengkap melalui situs internet.

·         Strategi  inovasi, memperkenalkan produk dan jasa yang unik atau belum ada sebelumnya dengan melibtakan unsur teknologi informasi. Misalkan menggunakan teknologi informasi untuk mengubah secara radikal proses bisnis sehingga terjadi perubahan mendasar dalam cara bisnis. Misalkan konsumen mendesain sendiri produk yang dipesannya melalui internet.

Komentar :

Memang benar kehadiran teknologi informasi dalam masyarakat, seperti dalam dunia pendidikan, dan juga dunia bisnis (perusahaan) teknologi sangat berperan penting. Teknologi informasi bisa membantu mempermudah masyarakat dalam berbagai kegiatan seperti mencari dan  mendapatkan informasi dengan cepat, atau bagi perusahaan mempermudah pemasaran barang, mengurangi pengeluaran (biaya), dan lain-lain.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline