Lihat ke Halaman Asli

IKA SETYANINGSIH

Guru Bahasa Inggris

Refleksi Pembelajaran - Sosiokultural dalam Pendidikan

Diperbarui: 8 Februari 2023   12:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

REFLEKSI PEMBELAJARAN

PERSPEKTIF SOSIO KULTURAL DALAM PENDIDIKAN

Oleh Ika Setyaningsih

Pembelajaran yang didapat dari Topik 1 adalah sosiokultural dalam pendidikan melihat peran orang-orang di sekitar yang mempengaruhi perkembangan individu. Individu belajar melalui interaksinya dengan masyarakat membentuk kognitif dan psikomotornya. Konsep ini membantu guru mengidentifikasi kemampuan peserta didik sehingga dapat ditemukan strategi pengajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan peserta didik.

Pembelajaran yang didapat dari Topik 2 adalah status sosio ekonomi seseorang berpengaruh pada pencapaian prestasinya. Status sosial ekonomi adalah tingkatan ekonomi dan sosial individu atau keluarga berdasarkan pendapatan, pendidikan, dan pekerjaan. Keluarga mendukung perkembangan dan pertumbuhan anak dengan pemahaman pentingnya pendidikan karena akan dapat membentuk karakter.

Pembelajaran yang didapat dari Topik 3 adalah dengan memahami sosio kultural guru dapat menentukan dan menerapkan tindakan yang tepat dalam pembelajaran sesuai dengan sosio kultural peserta didik. Perspektif ini perlu diperhatikan untuk strategi pembelajaran yang efektif untuk peserta didik sehingga peserta didik memperoleh kemajuan pembelajaran yang baik.

Pembelajaran yang didapat dari Topik 4 adalah ZPD penting diketahui guru agar dapat mengelola pembelajaran secara efektif karena ZPD merupakan jangkauan waktu dimana seseorang mendapatkan bantuan oleh orang disekitarnya. Apabila seseorang yang mendapatkan bantuan tersebut mulai bisa melakukannya sendiri, maka bentuan mulai dilepaskan sehingga akhirnya seseorang tidak memerlukan bantuan siapapun

Pembelajaran yang didapat dari Topik 5 adalah pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran dapat diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD peserta didik. Guru perlu memahami pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran dan mengakaitkan penggunaan pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran dengan ZPD peserta didik agar penerapannya dapat sesuai dengan ZPD peserta didik.

Pembelajaran yang didapat dari Topik 6 adalah permasalahan sosial, budaya, ekonomi, dan politik sebagai bahan pertimbangan guna mengambil keputusan akademik diperlukan dipahami. Hal ini bertujuan untuk memahami karakter peserta didik sebagai bagian dari masyarakat sehingga pendekatan-pendekatan untuk menyelesaikan masalah pendidikan disesuaikan dengan situasi sosial, budaya, politik dan ekonomi mereka.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline