Lihat ke Halaman Asli

Ika Septi

TERVERIFIKASI

Lainnya

Tak Ada yang Terbuang dari Sebatang Pohon Pisang

Diperbarui: 7 Juli 2023   10:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi pohon pisang, tanaman pisang, budidaya pisang.(SHUTTERSTOCK/UNDERWORLD via kompas.com)

Cah Lanang ingin pindah kamar tapi ia mewanti-wanti kepada saya untuk segera menutup permanen jendela kamar bagian belakang dengan rapat. Lho, kok.

Ya, dia gak mau ketika tidur digremeti oleh resrespo mengingat tetangga belakang rumah saya itu halaman rumahnya dijejali oleh pohon-pohon pisang klutuk yang tumbuh dengan subur.

Resrespo atau limus sakeureut a.k.a siput tanpa cangkang memang sukanya ngadem di pohon pisang. Jadi, sudah tak menjadi hal yang aneh ada resrespo keleleran di dalam rumah saya.

Tapi ya, walau sudah biasa melihat binatang yang bertubuh genjuk-genjuk itu, tetap saja saya begidik bin merinding bila melihatnya padahal sang resrespo sih santuy aja gak ngapa-ngapain.

Mengambil daun pisang di kebun orang. | Foto: Dokumentasi Pribadi

Walaupun tahu pohon pisang kerap mendatangkan kumpulan binatang melata tersebut, namun saya sempat punya pohon pisang dengan alasan agar gampang bila butuh daunnya, gak usah pergi ke pasar atau naik genteng ngambil daun pisang tetangga, eh.

Seperti halnya pohon kelapa, pohon pisang yang masuk dalam keluarga musaceae ini setiap bagiannya memiliki manfaat untuk kehidupan orang-orang di muka bumi nan bulat ini. Apa saja?

1. Buah Pisang.

Buah pisang hasil pohon pisang yang ditanam di pekarangan | Dokumen Pribadi

Semua orang tahu lah ya kalau buah pisang untuk dimakan bukan untuk ditendang-tendang seperti halnya Bang Dapit Bekam yang terkenal dengan tendangan pisangnya, haha.

Pisang yang memiliki banyak genre itu ada yang enak dimakan begitu saja ada juga yang lebih cocok untuk diolah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline