Lihat ke Halaman Asli

Ika Septi

TERVERIFIKASI

Lainnya

Demi Armenia, System of a Down Merilis Dua Tembang Anyar

Diperbarui: 16 November 2023   16:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi: Rocksound

System of A Down kembali!

Ya, setelah 15 tahun mereka gak kumpul-kumpul bikin lagu, kini empat sekawan itu merilis dua nomor baru.

Padahal ya sodara-sodara belum lama ini Serj Tankian rada-rada kheki dengan John Dolmayan karena memuja dan memuji Donald Trump. Tapi mau segede apapun ketidak-sukaan akan pandangan politik yang berbeda bila masalahnya mendukung negara kakek moyang, mereka bakal tetap bersatu padu, kompak, gercep, dan berada di jalan yang sama.

Sang gitaris, Daron Malakian lah yang berada di belakang dua nomor berjudul 'Protect The Land' dan 'Genocidal Humanoidz' itu. Akan halnya royalti yang dihasilkan dari dua lagu tersebut semuanya akan disalurkan ke yayasan nirlaba, Armenia Fund.

SOAD memang tak bisa dilepaskan dari Armenia karena dalam diri mereka mengalir darah Armenia yang kental. Dua lagu yang telah dibuatkan videonya ini berupaya untuk meningkatkan kesadaran akan perang yang kembali meletus.

Pada bulan September lalu, Artsakh kembali diserang Azerbaijan dengan dukungan Turki setelah 26 tahun adem ayem dengan perjanjian gencatan senjata.

Karena apa?
Karena Presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev tersungging atas pernyataan Perdana Menteri Armenia Nikol Pashiyan bahwa Nagorno-Karabakh atau Artsakh adalah sepenuhnya Armenia.

Artsakh sendiri secara internasional telah diakui sebagai bagian dari Azerbaijan namun hampir 94 % penduduknya beretnis Armenia.

SOAD memberi pernyataan bahwa rezim Aliyev dan Erdogan "melakukan tindakan genosida dengan impunitas" di wilayah tersebut pada saat pandemi virus corona, pemilihan umum, dan kerusuhan sipil tengah mengalihkan perhatian dunia.

Konflik yang gak kelar-kelar di Artsakh ini membuat semua menderita terutama rakyat sipil. Adu kekuatan militer antara dua negara telah membuat tatanan hidup acak-acakan. Drone dan rudal bersliweran, bom dijatuhkan membuat banyak orang harus mengungsi ke tempat-tempat yang aman.

Selain bertujuan untuk menggalang dana, dalam dua lagu ini SOAD ingin menggugah hati semua orang dari berbagai kalangan untuk bersatu dan menyuarakan dukungan dalam hal pengesahan kemerdekaan Artsakh.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline