Lihat ke Halaman Asli

Ika Septi

TERVERIFIKASI

Lainnya

Mengenal Berbagai Jenis Pisau Dapur

Diperbarui: 22 Agustus 2016   15:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Film komedi adalah salah satu genre film yang terkadang dapat membantu saya untuk melepas penat dengan berhahahihi sejenak. Sayangnya film komedi buatan Hollywood itu terkadang ada unsur jijik jijik nya. Nah, salah satu film drama komedi bebas jijik adalah film milik Jon Favreau yang berjudul Chef.

Bila mendengar kata chef pasti pikiran ini langsung menuju ke kegiatan masak-memasak. Yap, tak salah lagi karena chef adalah sebutan untuk seseorang yang bergelut di dunia masak-memasak. Sebutan chef sendiri berasal dari negerinya Napoleon Bonaparte yaitu dari kata Chef de Cuisine yang berarti seseorang yang mengepalai dapur. Menjadi seorang chef tak hanya harus kreatif menciptakan berbagai hidangan namun juga harus cekatan dalam menentukan menu, mengkreasikan masakan, memilih bahan-bahan, persiapan memasak, hingga bertanggung jawab atas hasil akhir masakan dengan standar yang tinggi.

Kembali ke film Chef, saya sangat menyukai opening scene film yang juga di bintangi banyak aktor aktris Holywood ternama seperti Sofía Vergara, John Leguizamo, Scarlett Johansson, Oliver Platt, Bobby Cannavale, Dustin Hoffman, dan si Iron man, Robert Downey, Jr itu berupa persiapan memulai aktivitas masak-memasak yang salah satunya adalah mempersiapkan seperangkat pisau. Pisau ya, bukan seperangkat senjata seperti yang ada di dapur nya Bruce Willis di sekuel film G.I. Joe hehe. Bagaimana pun seorang Chef tanpa seperangkat pisau itu bagaikan harimau yang kehilangan taringnya.

Mungkin bagi kebanyakan orang melihat seperangkat pisau dapur nan mengkilat itu akan terasa biasa saja, namun bagi saya tidak. Hal itu berawal dari sebuah pemandangan tak biasa di salah satu supermarket ketika saya masih kuliah dulu. Ya, mata saya terbuai dengan pisau yang nangkring di lengan baju seorang mahasiswa Enhaii yang tengah berbelanja dengan seragam lengkapnya.

Itu adalah pemandangan yang keren sekali secara tahun 90 an belum banyak acara televisi yang mengedepankan tentang masak-memasak dengan host seorang chef. Ya paling banter  Wok with Yan, tapi kan itu buatan luar yang mana rasanya kurang menyentuh hati yang terdalam.

Jaman ibu saya dulu, pisau yang tersedia di dapur itu jumlahnya hanya lah satu sampai dua buah saja dengan ukuran yang hampir sama. Bentuk nya seperti pisau Chef namun berukuran kecil. Bilahnya ada yang tebal ada juga yang tipis. Makin tipis bilah pisau maka makin tipis pula irisan yang dapat di buat. Pisau pisau itu biasanya di beli di pasar dengan harga yang sangat terjangkau. Pisau jenis itu cepat tumpulnya sehingga harus menyediakan batu asahan untuk menajamkannya kembali.

Sebelum saya sering terjun ke dapur, saya tak pernah terpikirkan untuk memiliki pisau dengan berbagai bentuk dan ukuran itu, terpesona sih iya. Saya pikir, pisau seperti itu hanya cocok di gunakan oleh seorang chef profesional. Terlalu gaya lah bila seorang ibu rumah tangga yang masakannya itu itu saja memiliki seperangkat alat perang nan elegan itu.

Namun seiring dengan tumbuhnya hobi masak-memasak maka pisau dapur saya yang satu-satunya itu pun sudah tidak dapat mengakomodasi kegiatan saya. Disamping itu pisau warisan ibu saya itu sering tumpul maka saya pun tergerak untuk memiliki satu set pisau dapur seperti layaknya para chef. Ternyata keputusan saya tak salah karena seperangkat pisau itu mempermudah aktivitas masak-memasak saya. Satu set peralatan potong-memotong yang saya beli itu berupa 6 buah pisau, 1 buah peeler dan 1 buah gunting. Enam buah pisau itu mempunyai kegunaan masing-masing seperti di bawah ini :

1. Pisau Roti atau Bread Knife adalah pisau yang digunakan sebagai alat pemotong roti atau cake. Bentuknya panjang dengan mata pisau yang bergerigi. Di buat bergerigi dengan tujuan agar memudahkan pemotongan pada permukaan roti yang biasanya keras namun bagian dalam yang lembut. Pisau ini sangat berguna sekali bagi saya yang akhir akhir ini sering mempraktekkan resep resep roti dan cake.2. Pisau Pengupas atau Paring Knife. Pisau ini ukurannya mini sangat pas di genggam ketika di pergunakan untuk mengupas bebawangan, sayuran dan buah-buahan.

dokpri

3. Pisau Pembersih Tulang atau Boning Knife adalah pisau yang di pergunakan untuk memisahkan daging dari tulangnya. Bentuknya ramping dengan ujung yang lancip.

dokpri

4. Pisau Pembersih Tulang atau Filleting Knife adalah pisau yang di pergunakan untuk memisahkan daging ikan dengan tulangnya.  Bentuk nya serupa dengan boning knife namun bilahnya lebih panjang.

dokpri

5. Pisau Daging Besar atau Cleaver dan sering juga di sebut golok adalah pisau yang berukuran besar dan di pergunakan untuk memotong daging atau pun tulang. Di film film mandarin, sering terlihat seorang koki menggunakan pisau jenis ini untuk merajang segala jenis bahan makanan. Ternyata golok China yang di pergunakan koki di film mandarin itu berbeda jenis dengan cleaver. Bila cleaver memiliki bilah yang tebal maka golok China berbilah lebih tipis sehingga cocok untuk merajang segala hal kecuali memotong tulang.

dokpri

6. Pisau Koki atau Chef’s Knife adalah pisau serbaguna yang dapat digunakan untuk memotong daging sampai mengiris sayuran. Bilah pisau ini biasanya berukuran 8 sampai 20 cm. Dalam versi Jepang pisau serbaguna ini di kenal dengan nama santoku.

dokpri

Masih ada beberapa jenis pisau lain yang kerap digunakan oleh seorang chef seperti pisau ukir, pisau pegupas tomat dan lain sebagainya, namun menurut saya, 6 pisau di atas sudahlah cukup untuk menemani para penyuka masak memasak berkegiatan di dapur.

Sekian.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline