Assalamualaikum , salam dan bahagia..
kali ini saya akan menyampaikan refleksi setelah mempelajari modul 3.2 mengenai Pemimpin dalam pengelolaan sumber daya.
Saya menggunakan model refleksi 4 F yaitu Facts, Feelings, Findings dan future.
FACT (PERISTIWA)
Saya memulai belajar modul pembelajaran 3.2 pada hari Selasa , 13 Februari 2023. Pada tahap mulai dari diri saya menjawab pertanyaan yang tujuannya membangkitkan kembali pengetahuan mengenai ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya yang ada di sekolah.
Tahap selanjutnya adalah eksplorasi konsep secara mandiri ,peserta calon guru penggerak mempelajari tentang ekosistem,pendekatan berbasis kekurangan dan aset, sejarah pendekatan aset ,serta 7 modal /aset dari sebuah sekolah. Setelah melaksanakan belajar secara mandiri kemudian peserta melakukan kolaborasi bersama kelompok. Dalam ruang kolaborasi ini kelompok saya mengangkat aset / modal yang ada di sekitar sekolah kami tepatnya di kabupaten karawang yang dapat kami manfaatkan sebagai modal bagi kemajuan sekolah kami.
Pada kegiatan demontrasi kontekstual kami para CGP ditugaskan untuk menganalisis sebuah video beserta kegiatan yang mengandung tahapan BAGJA didalamnya.Tahapan selanjutnya adalah koneksi antar materi di mana materi antar modul dikaitkan satu persatu di akhir tahapan modul kami harus membuat sebuah aksi nyata dan merefleksikan kegiatan belajar di modul 3.2 ini.
FEELINGS (PERASAAN)
Perasaan saya selama mengikuti pembelajaran modul 3.2 sangat senang dan semangat untuk berubah. Sebelum belajar modul ini saya selalu berpikir defisit bassed thingking atau berpikir bberbasis kekurangan . Saya menjadi orang yang pesimis dimana selalu kekurangan saja yang saya pikirkan ketika akan mulai melangkah . Semua terasa mustahil untuk dilaksanakan , pasti tidak akan berhasil, itu pikiran saya sebelum belajar modul ini.
Setelah mempelajari modul ini pola pikir saya menjadi berubah menjadi seorang yang optimis. Saya merubah mindset saya dimana sebuah kekurangan itu dapat pula kita jadikan sebuah aset untuk berubah. Saya dapat mengidentifikasi aset aset yang ada di sekolah saya untuk dijadikan modal bagi pelaksanaan sebuah program, tentu saja semua dengan kolaborasi semua warga sekolah.
FINDINGS (PEMBELAJARAN)