Lihat ke Halaman Asli

Ika Ratna sari

admin online shop

Mahasiswa KPN - Universitas Mercu Buana Lakukan Pengembangan UMKM di Tiktok

Diperbarui: 28 Desember 2022   20:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana yang terdiri dari kelompok mahasiswa Dewi Yunita, Della Rachmaniar dan Sulis Setiawati mengadakan pengabdian kepada masyarakat. pendampingan pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), kegiatan pendampingan ini dilakukan pada salah satu pelaku UMKM (pedagang) dikawasan Jl.Prepedan dalam chivlak Gg. H.Tonge Rt10/09 kel. Kamal Kec. Kalideres, Jakarta, indonesia. 

Kegiatan ini merupakan luaran dari mata kuliah Kuliah Peduli Negri yang di bimbing oleh Dosen, Ridho Azlam. Adapun topik yang diangkat ialah: Pendamping teknik digital marketing dengan metode padamedia sosial tiktok. Mitra ini merupakan sebuah usaha yang bergerak pada penjualan produk - produk pakaian secondhand yang mengambil dari sebuah distributor, tentunya pada saat ini masih menggunakan sistem jual beli secara tradisional atau offline.

Ridho Azlam, Dosen Pembimbing Mata kuliah KPN Ilmu Komunikasi UMB mengatakan bahwa kegiatan rutin tahunan ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat mengamalkan keilmuan yang didapat selama berkuliah dan menjadi manfaat bagi masyarakat. Dirinya unjuk kemampuan sebagai pemateri dan pelatihan kegiatan ini. 

Kegiatan pendampingan yang dimulai dari mengenalkan apa itu penjualan online melalui marketplace Tiktok, ,Bagaimana caranya menjual produk atau barang di Tiktok, Melakukan arahan bagaimana cara melakukan foto produk yang baik, Mengajarkan bagaimana membuat deskripsi produk yang menarik dan Meng-upload produk tersebut, Mengajarkan cara membuat diskon produk di Tiktok, Mengajarkan cara membalas pesan yang masuk di chat Tiktok, Mengajarkan cara proses orderan yang masuk, Melakukan packing product lalu mengirimnya ke ekspedisi, Mengajarkan cara membalas ulasan pembeli di Tiktok, Dan terakhir mengajarkan cara menarik uang dari pembelanjaan customer Tiktok di akun mitra. 

Sehingga kegiatan program pengabdian masyarakat ini dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan pelaku UMKM untuk mendistribusikan dan mempromosikan barang penjualnnya sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada pada saat ini. Kegiatan diakhiri dengan sesi praktik test Interview dan foto bersama pemilik UMKM. Siswa yang berpotensi diberi hadiah oleh mahasiswa guna meningkatkan semangat belajar atas materi yang telah disampaikan.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis 22 Desember 2022 di Toko baju secondhand UMKM, Jl.Prepedan dalam chivlak Gg. H.Tonge Rt10/09 kel. Kamal Kec. Kalideres, Jakarta. Pelaku UMKM menyambut dengan baik atas kegiatan positif yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Mercu Buana yang sangat bermanfaat dalam peningkatan wawasan dan kompetensi anak didiknya serta berharap kegiatan ini dapat terus berkelanjutan berjalan dengan materi yang variatif dan inovatif.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline