Lihat ke Halaman Asli

Ika NuryasintaLestari

Mahasiswi IAIN JEMBER

Filsafat Pendidikan Progresivisme

Diperbarui: 6 Mei 2020   17:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Filsafat Pendidikan Progresivisme -- Pengertian dan Tokoh Tokoh Filsafat Pendidikan Progresivisme

A. Pengertian Filsafat pendidikan Progresivisme

Pengertian progresifisme yaitu  kemajuan, secara harfiah aliran progresifisme merupakan aliran yang menginginkan kemajuan secara cepat. Progresifisme merupakan salah satu aliran yang menghendaki suatu kemajuan yang membawa perubahan. Aliran ini merupakan salah satu filsafat pendidikan modern.  Progresifisme merupakan suatu aliran yang menekankan pendidikan bukan lah sekedar pemberian pengetahuan akan tetapi hendaknya berisi aktifitas yang tertuju pada pelatihan berfikir mereka, sehingga mereka bisa berfikir secara sistemastis. Peran guru dalam suatu kelas sebagai pembimbing dan menjadi sumber pengetahuan untuk menfasilitasi siswa , guru memberikan pengalaman yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Pandangan aliran progresivisme ini dalam belajar, menurut aliran ini anak didik itu bukan manusia kecil tetapi melainkan manusia seutuhnya yang berpotensi untuk berkembang dan memiliki potensi yang berbeda beda. Dalam pandangan ini difokuskan pada siswa bukan guru ataupun lainnya, jadi benar-benar memperhatikan peserta didik dan guru mempunyai cara epmbelaran yang berbeda beda karena tidak semua siswa memiliki potensi yang sama. Menurut aliran ini ada beberapa hal yang perlu diberhatikan dalam belajar yaitu :

1. Memberikan peserta didik belajar untuk perorangan

2. Membrikan kesempatan belajar melalui pengalaman

3. Memberikan mereka motivasi bukan perintah

4. Mengikut sertakan siswa pada setiap kegiatan yang berdampak positif

B. Pemikiran Tokoh-tokoh filsafat pendidikan Progresivisme

1. William James

William James seorang Psychologist dan seorang filosof Amerika yang terkenal. Sebagai penulis yang brilian, dosen serta penceramah dibidang filsafat, juga dikenal sebagai pendiri pragmatisme. Dia menegaskan bahwa fungsi otak dan pikiran itu dipelajari sebagai bagian dari mata pelajaran pokokdari ilmu pengetahuan alam. Buku karangannya adalah Prnciple of Psichology yang terbit tahun 1890 yang membahas dan mengembangkan ide-ide tersebut, dengan cepat menjadi buku klasik dalam bidang itu , hal inilah yang mengantar William James terkenal sebagai ahli filsafat Pragmatisme dan Empirisme Radikal.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline