Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa sebagai Agen Perubahan dalam Digitalisasi UMKM

Diperbarui: 29 Juni 2024   23:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Source : Dokpri Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melakukan survey UMKM sekitar kampus.

Digitalisasi UMKM adalah perubahan dalam menelola bisnis dari konvensional ke digital. Untuk meningkatkan efesiensi dan efektivitas operasional suatu bisnis Digitalisasi UMKM bukan hanya mengubah proses praktik suatu bisnis dengan menggunakan teknologi, digitalisasi UMKM juga dapat digunakan untuk memantau cash flow bisnis memperoleh bahan baku secara online, hingga mengatur keuangan. Dengan begitu, pentingnya digitalisasi UMKM adalah berperan sebagai kelancaran proses keseluruhan suatu bisnis.

Sebagai Mahasiswa kita memiliki peran penting sebagai agen perubahan dalam digitalisasi UMKM di era digital. Mahasiswa memiliki potensi yang sangat besar untuk memberikan kontribusi yang signifikan dalam mendorong digitalisasi pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). 

Mereka dapat berperan aktif dalam melatih dan mengedukasi pemilik UMKM mengenai berbagai manfaat yang dapat diperoleh melalui digitalisasi. Selain itu, mahasiswa juga dapat membantu pemilik UMKM dalam memahami dan menggunakan berbagai platform online serta alat-alat teknologi yang tersedia, yang dapat meningkatkan efisiensi operasional dan strategi pemasaran mereka. 

Dampak dari strategi mahasiswa sebagai agen perubahan dalam digitalisasi UMKM sangatlah signifikan. Pertama, kehadiran mahasiswa membawa ide-ide inovatif dan pengetahuan terbaru tentang teknologi ke dalam UMKM, membantu mereka 

mengadopsi solusi digital yang relevan dan efektif. Selain itu, kolaborasi antara mahasiswa dan UMKM memungkinkan proses adopsi teknologi menjadi lebih lancar, mempercepat transformasi digital, dan meningkatkan kualitas produk atau layanan yang ditawarkan oleh UMKM. 

Keterlibatan mahasiswa sebagai agen perubahan dalam digitalisasi UMKM juga menciptakan hubungan saling menguntungkan antara perguruan tinggi dan komunitas bisnis lokal, memperkuat konektivitas dan kolaborasi antara kedua entitas tersebut. 

Oleh karena itu, strategi ini tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi UMKM, tetapi juga memberikan dampak positif yang luas bagi ekosistem bisnis dan pendidikan. Dengan demikian, mahasiswa berperan penting dalam mempercepat digitalisasi UMKM, meningkatkan daya saing mereka di pasar, dan menciptakan lingkungan bisnis yang lebih dinamis dan terintegrasi dengan perkembangan teknologi terkini. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline