Lihat ke Halaman Asli

Kuliah Lapangan di Bontang

Diperbarui: 12 Juni 2016   15:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Assalamualaikum, namaku Ika Nur Alfiani mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman angkatan 2013. Aku ingin bercerita sedikit tentang perjalanan ku bersama teman-teman kelas mengunjungi PT Badak NGL dan Pupuk Kaltim di Bontang.

Waktu itu sekitar 2 minggu yang lalu aku dan teman-teman kelas ada kegiatan kuliah lapangan yaitu kunjungan ke PT Badak NGL dan Pupuk Kaltim. Kami berangkat dari kampus UNMUL sekitar jam 05.00 subuh dan sampai dibontang jam 09.00 pagi, tempat pertama yang kami kunjungin yaitu PT Badak NGL, disana kami belajar tentang perhumasan sekalian pengenalan tentang PT Badak NGL apa-apa saja yang ada didalamnya.

Setelah pengenalan perusahaan dan belajar perhumasan kami melakukan tour ke lokasi-lokasi pengolahan migas, banyak sekali kilang-kilang yang ada disana, tapi kami hanya boleh meliatnya didalam bus saja karena hanya orang tertentu saja yang bisa masuk ke zona tersebut. Selesai tour kami makan siang dan solat dzuhur sebelum melanjutkan kunjungan ke Pupuk Kaltim.

Sesampainya di Pupuk Kaltim kami, kami kembali diberi makanan ringan sembari menunggu pemateri datang. Dalam pertemuan tersebut kami diperkenalkan dengan yang namanya koprasi yang ada disana, berapa modal awalnya keuntungan dan juga bagaimana cara mereka menjalankan koperasi tersebut.

Nah, setelah kami melakukan kunjungan ke dua tempat tersebut kami melanjutkan perjalanan ke Bontang Koala. Disana kami beristirahat melepas penat dan menikmati indahnya laut biru setelah berjam-jam kuliah umum yang ada sedikit rasa bosan. Dari Bontang Koala kami melanjutkan perjalanan pulang ke Samarinda.

Di perjalanan pulang kami mengalami banyak kendala, yaitu bus 1 mengalami pecah ban setelah itu tak lama kemudian bus 3 mengalami mogok yang cukup lama. Setelah semuanya selesai dan tak ada kendala lagi kami melanjutkan perjalanan pulang. Tak terasa kami sampai di kampus pada pukul 23.00 WIB dan kami melanjutkan perjalanan kerumah masing-masing.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline