Lihat ke Halaman Asli

Ika NovaLarasati

Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam UIN Prof K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto

Posyandu ILP (Integrasi Layanan Primer) Sedesa Pagojengan di Posyandu Cempaka Rw 04 Dukuwaru, Pagojengan, Paguyangan.

Diperbarui: 8 Agustus 2024   22:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

Dokumentasi Pribadi

Pagojengan -- Rabu, 7 Agustus 2024 Pihak kesehatan desa Pagojengan menggelar kegiatan Posyandu ILP (Integrasi Layanan Primer) di posyandu cempaka desa dukuwaru, pagojengan, paguyangan.

Kegiatan rutinan ini dilaksanakan setiap bulan sekali. Namun berbeda dari biasanya, kegiatan posyandu kali ini yaitu posyandu ILP (Integrasi Layanan Primer) dimana tidak hanya melayani satu sasaran saja, tetapi semua sasaran mulai dari Ibu hamil, Bayi, Remaja, Usia Produktif dan juga Lansia.

Posyandu kali ini melibatkan banyak petugas untuk membantu kegiatan, karena posyandu ILP dilaksanakan tingkat desa. Kader-kader dari dusun satu dan dusun dua semua ikut membantu kegiatan.

Kegiatan berjalan kondusif dan tertib dari langkah satu pendaftaran, pemeriksaan ibu hamil dan bayi, pemeriksaan usia produktif, pemeriksaan lansia, screening ODGJ dan tahap penyuluhan bagi lansia. Bagi sasaran lansia ada kegiatan senam persendian sembari menunggu pengambilan obat.

Sebelum kegiatan dimulai, seluruh kader dan teman-teman mahasiswa KKN yang membantu melakukan briefing yang dipandu oleh petugas kesehatan

" Untuk teman-teman kader dan yang membantu, pastikan untuk bisa mencatat dan membedakan sasaran-sasaran dengan tepat untuk diarahkan sesuai dengan prosedurnya dan kegiatan berjalan tertib. Untuk usia remaja dari 10-18 tahun, Usia produktif dari 18-59 tahun dan Lansia usia 60 tahun keatas". Jelas salah satu petugas kesehatan.

Selain pemeriksaan umum setiap sasaran, ada juga pemeriksaan gigi dan pemeriksaan gizi bagi sasaran bayi. Pemberian vitamin juga tersedia. Sambil menunggu antrian pengambilan obat, sasaran lansia mengadakan senam pergangan sendi bersama dihalaman yang dipandu oleh petugas kesehatan.

Masyarakat dukuwaru desa pagojengan masih banyak yang belum terdaftar di data posyandu pusat atau ASIK (Aplikasi Sehat Indonesia Ku). Yang mana hal ini menjadi PR tenaga kesehatan dan kader-kader kurang bisa melihat data imunisasi individual, deteksi penyakit menular dan tidak menular.

Kegiatan posyandu berlangsung selama 4 jam dengan lancar dan tertib. Antusias dan kerjasama dari para warga peserta posyandu membantu meringankan kader-kader, petugas dan teman-teman mahasiswa KKN yang turut menertibkan kegiatan serta mengarahkan langkah-langkah para peserta posyandu.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline