Lihat ke Halaman Asli

Ika Mufarrohah

Lebih baik kamu memulai dengan karya original yang buruk, daripada karya yang hebat, tapi plagiat

Belajar Bahasa Arab Mudah dan Menyenangkan dengan Arabic Online

Diperbarui: 10 Mei 2022   16:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://arabic.seu.edu.sa/en/index.html

Di masa modern seperti sekarang ini, ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat, belajar dan bekerja pun lebih mudah, tak terkecuali belajar bahasa Arab. Bahasa Arab merupakan salah satu dari rumpun bahasa Semit yang dituturkan lebih dari 422 jt orang sebagai bahasa pertama. Bahkan saat ini bahasa Arab sudah menjadi bahasa resmi dari 22 negara di dunia. Seiring berkembangnya zaman, dengan banyaknya negara yang menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa resmi maka mempelajari bahasa Arab telah menarik minat penutur bahasa Asing, oleh sebab itu dengan berkembangnya teknologi saat ini, berbagai platform belajar bahasa Arab mulai bermunculan, salah satunya yaitu program Arabic Online/ Arabic-Online,net Program (https://arabic.seu.edu.sa/en/index.html).

Apa itu program Arabic Online? Arabic Online adalah suatu platform pembelajaran bahasa Arab yang berbasis LMS (Learning Management System) yang dirintis oleh Saudi Electronic University untuk belajar bahasa Arab dengan mudah dan menyenangkan. Program ini akan memenuhi kebutuhan pengajaran bahasa Arab kepada non-native speakers of arabic ( bukan penutur bahasa Arab asli) dengan menyediakan program terintegrasi online non-tradisional yang memungkinkan pembelajaran bahasa Arab di mana saja dan kapan saja diseluruh dunia. Misi program ini adalah Memberikan pendidikan berkualitas untuk non-native speakers of arabic, memenuhi standar internasional terbaru dan praktik terbaik dalam belajar dan mengajar bahasa, melalui pendekatan online perintis yang membantu menyebarkan bahasa dan budaya Arab ke seluruh dunia.

Program pembelajaran di Arabic online ini mencakup empat keterampilan berbahasa, istima’ (mendengar), kalam (berbicara), qira’ah (membaca), kitabah (menulis). Serta mencakup 3 unsur bahasa yaitu ashwat (bunyi), mufrodat (kosakata), dan qowaid (struktur). Pembelajarannya juga disesuaikan dengan tingkat pembelajaran bahkan mulai tingkat fonemik (bunyi) berlanjut ke huruf, kemudian menjadi sebuah kata yang bahkan dilengkapi dengan gambar dan audio (audio visual)

https://arabic.seu.edu.sa/en/index.html

Rute untuk mengikuti program Arabic Online ada empat langkah. Pertama, bergabung dengan Arabic online dengan masuk atau klik Join tap di menu, lengkapi formulir sesuai data pribadi, Langkah selanjutnya adalah aktivasi akun melalui E–mail yang dikirim oleh admin Arabic online, setelah itu mulai belajar di program 16 level yang tersedia sesuai e-mail yang dikirimkan, Setelah menyelesaikan 16 level, baru bisa mengikuti ujian.

Sesuai kata pepatah bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini, maka program Arabic Online ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut beberapa kekurangan dari program Arabic online adalah :

1) Untuk mengakses program ini dibutuhkan jaringan internet yang stabil sehingga pembelajaran akan berlangsung secara maksimal, jadi bagi yang tinggal di daerah-daerah terpencil yang sulit mendapatkan akses internet akan kesulitan belajar dengan maksimal.

2) Selain kualitas internet yang baik tentunya dibutuhkan kuota yang cukup digunakan belajar step by step dari level 1 hingga level 16

Disamping itu tentunya banyak kelebihan dari program Arabic Online ini. Diantaranya :

  • Pembelajarannya dimulai dari dasar dan mencakup empat keterampilan berbahasa
  • Meningkatkan kemampuan dalam menggunakan teknologi
  • Belajar bahasa arab menjadi lebih mudah dan menyenangkan
  • Teknis pembelajarannya mudah dipahami dan dilaksananakan

Dari pernyataan tersebut kita dapat mengetahui bahwa banyak kelebihan dari penggunaan program Arabic Online ini dibandingkan dengan kekurangannya, oleh sebab itu alangkah baiknya bagi kita untuk memanfaatkan fitur-fitur pembelajaran yang tersedia yaitu dengan mendaftar program Arabic online ini dan tak lupa memeperkenalkannya kepada teman, saudara, kenalan atau siapapun itu yang ingin belajar bahasa Arab dasar ataupun yang sudah ingin mengembangkan kemampuan berbahasa Arab.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline