Lihat ke Halaman Asli

Ika Maya Susanti

TERVERIFIKASI

Penulis lepas dan pemilik blog https://www.blogimsusanti.com

Mengatasi Jenuh dalam Bekerja

Diperbarui: 15 Februari 2022   11:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber foto: Pixabay

Jika bicara tentang karir di dunia kerja siapapun bisa saja mengalami masalah kebosanan. Masalahnya, efek dari jenuh dalam bekerja ini bisa berbagai macam dampaknya. Mulai dari kerja yang tidak produktif, pengaruhnya pada tubuh, meningkatnya emosional diri, sampai keinginan untuk mengundurkan diri. 

Kejenuhan di tempat kerja ini bisa jadi karena pekerjaan rutin dan monoton yang berlangsung tahunan, memperoleh tanggung jawab kerja yang kurang menantang atau kurang berarti. 

Masalah ini pun bisa dialami oleh siapa saja. 

Sebetulnya, jawaban dari masalah ini adalah kondisi otak manusia yang selalu membutuhkan stimulasi dan tantangan. Kondisi ini menyebabkan siapapun akan merasa bersemangat ketika memperoleh tugas baru. 

Tapi setelah itu berlalu, rasa antusias pun akan segera turun hingga timbullah rasa jenuh. 

Maka jika rasa jenuh ini mulai hinggap, coba carilah stimulus baru di pekerjaan yang mampu memancing kreativitas dan menggali kesempatan pengembangan diri. Tantangan atau motivasi yang baru bisa berdampak pada semangat kita dalam bekerja nkembali. 

Untuk itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk kembali membangkitkan semangat bekerja. Temukan hal yang baru terus menerus, bisa mulai dengan merubah tampilan meja kerja, mengganti penampilan dan gaya busana, atau meminta tugas dan tanggung jawab baru pada atasan. 

Bertemulah dengan orang-orang baru serta banyaklah berinteraksi dengan mereka. Sadari juga bahwasanya otak memerlukan informasi baru dengan mempelajari hal-hal yang baru. 

Jika memungkinkan, ajukan permintaan untuk mengikuti pelatihan dan kursus. Proses belajar ini akan meningkatkan rasa percaya diri dan kesanggupan dalam menyelesaikan hal-hal yang menantang. 

Tantangan juga bisa didapat dengan menumbuhkan ide-ide segar dan membuat target kerja yang jelas. Jika itu sudah tercapai, beri hadiah pada diri sendiri. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline