Lihat ke Halaman Asli

Ika Mauritania Ivory

Mahasiswa IAIN Jember

Guru sebagai Konselor

Diperbarui: 3 April 2020   22:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Makna konselor sudah tidak asing lagi didengar dikalangan masyarakat tapi masih ada orang yang belum tau apasih itu konselor jadi gini konselor yaitu pembimbing yang mempunyai keahlian dalam melakukan konseling/penyuluhan. 

Bagi konselor pendidikan yang bertugas dan bertanggung jawab memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada peserta didik sering disebut dengan guru BK atau guru pembimbing. 

Nah guru konselor biasanya mengatasi masalah siswa seperti identifikasi masalah setiap siswa tidak luput sama yang namanya masalah entah itu masalah dalam proses belajar, nah disini biasanya guru konselor menangani siswa yang seperti itu. 

Berikutnya yakni diagnosa/diagnonis adalah identifikasi mengenai sesuatu disini yang dimaksud sesuatu seperti permasalahan siswa dan masih banyak lagi. 

Dan selanjutnya ada prognosa mengacu pada prediksi mengenai perkembangan siswa. Kemudian ada terapi pola pikir seperti mengajak siswa belajar di luar ruangan (out door) guna untuk menambah semangat siswa dan memotivasi siswa untuk giat dalam proses belajar. Dan yang terakhir ada evaluasi dan tindak lanjut.  

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline