Lihat ke Halaman Asli

Ayahku Pahlawanku

Diperbarui: 10 Maret 2022   19:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam lingkungan keluarga ayah merupakan sosok pemimpin dan imam bagi keluarga kecilnya. Akan tetapi, bagi seorang anak perempuan ayah merupakan cinta pertamanya. Karena baginya, seorang ayahlah yang pertama kali mengajarkan kasih sayang  kepada putri kecilnya. 

Ayah akan menjadi pelipur lara ketika anak perempuannya sedang bersedih hati. Dia akan selalu menghibur anaknya untuk bisa selalu tersenyum dan tetap kuat. Walaupun Cara ayah menyayangi anak perempuannya  memang berbeda dengan kasih sayang seorang ibu.

Tetapi kasih sayang seorang ayah tidak lebih kurang dari seorang ibu. Seorang Ibu bisa mengungkapkan kasih sayangnya melalui ucapan tetapi seorang ayah tidak bisa mengungkapkan kasih sayangnya lewat ucapan akan tetapi lewat tindakan. 

Ayah tidak segan menegur anak perempuannya ketika salah dan terkadang dia tidak membiasakan anak perempuannya menjadi manja padanya. Hal ini dilakukan agar anak perempuanya bisa menjadi mandiri untuk menghadapi kehidupan selanjutnya. 

Seorang ayah juga akan menjadi perisai terdepan jikalau anaknya disakiti oleh orang lain. Dan kasih sayang seperti inilah yang seorang ayah lakukan yang tidak bisa ditandingi oleh lelaki mana pun.

Menurutku Ayah merupakan sosok yang tanguh, penyabar,dan tak kenal lelah. Ayah tidak pernah mengungkapkan rasa lelahnya ketika sibuk seharian kerja. Aku ingat saat aku masih kecil dimana ayah sangat dekat denganku. Tidak jarang ayah selalu membuatku tertawa karna bercandaannya. Bahkan kadang ayah juga menirukan kartun favoritku hanya untuk membuatku tertawa. 

Saat aku lapar pada malam hari ayah selalu membuatkan makanan untukku entah itu nasi goreng, sambal, tempe, ataupun mie rebus. Terkadang aku juga ikut membantu ayah untuk membuat makanan dan nantinya kita akan makan bersama-sama didepan televisi. 

Setelah itu kita akan menonton film hingga larut malam sampai aku tertidur didepan televisi. Ayah tidak pernah membangunkanku saat tertidur didepan televisi dan diam-diam memindahkanku ke kamar tidurku. 

Ayah juga sering jahil padaku tak jarang aku dibuat menangis karena kejahilannya. Ibuku pernah bilang bahwa sewaktu aku masih balita, disetiap paginya ayah selalu membawaku jalan-jalan untuk berjemur dan menghirup udara pagi. Kadang ayah juga membawaku untuk melihat hewan-hewan yang ada di lingkungan sekitar seperti kupu-kupu, bebek, ayam dan katak. 

Ayah bilang dulu waktu aku masih balita aku sangat menyukai hewan katak karena sering molompat kesana kesini dan membuatku tertawa. Bahkan ayah sanpai membelikanku boneka katak yang mirip banget seperti aslinya agar bisa kumainkan setiap harinya. Karena Setiap aku sudah melihat katak aku tidak mau diajak pulang dan akan menangis.

Saat aku akan memasuki Sekolah Menengah Pertama (SMP) ayah pergi merantau ke negara malaysia untuk bekerja disana. Rasanya kecewa bercampur sedih karna sosok yang selalu menghiburku akan pergi meninggalkan rumah. Bahkan saat yang lain mengantarkan ayah ke bandara untuk keberangkatannya aku memilih untuk diam dan pergi ke sekolah. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline