Lihat ke Halaman Asli

Ika Kumala Dewi

IT student in Darul Ulum University, Jombang

Bijak Menggunakan Waktu dengan Edukasi

Diperbarui: 7 Mei 2020   20:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. Alazhar

Bulan Ramadhan tahun ini bebarengan dengan musibah non-alam wabah virus corona di dunia yang mengakibatkan banyak korban berjatuhan. Demi keselamatan bersama, pemerintah telah menghimbau agar masyarakat tetap dirumah saja mengkarantina diri agar dapat memutus rantai penyebaran virus berbahaya ini. 

Saat ini semua sekolah di Indonesia baik sekolah formal maupun sekolah nonformal terpaksa libur dan diganti dengan kegiatan belajar online di rumah. Bukan hanya itu, para pekerja juga banyak yang diliburkan atau diganti dengan bekerja dirumah masing masing. Akibatnya banyak waktu yang dihabiskan dirumah.

Meskipun saat ini sekolah libur, namun menuntut ilmu tetap diperlukan. Maka belajar  dirumah adalah solusinya. Sebenarnya ada beberapa solusi yang bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin terus belajar meski berada di rumah. Edukasi memang hal yang penting, maka jangan biarkan waktu luangmu sia-sia tanpa digunakan dengan bijak melalui edukasi. Apa saja yang bisa dilakukan? pertama kalian bisa mencoba membaca beberapa buku guna menambah wawasan baru, banyak buku yang dijual secara online sehingga tak perlu keluar rumah untuk membeli buku yang sesuai keinginan kalian.

Kedua adalah dengan membaca berbagai artikel pengetahuan di internet. Situs resmi seperti wikipedia sangat cocok untuk menambah wawasan baru karena sudah terjamin kualitas kontennya. Selanjutnya, kamu juga bisa memulai edukasi di rumah dengan mendaftar kelas online. 

Umumnya kelas online memiliki grup diskusi yang bisa menjadi tempat konsultasi kepada tutor pendamping mengenai materi atau pelajaran yang masih belum dimengerti oleh pihak peserta kursus. Dilansir dari kursusbahasaarabonline.com biaya untuk mengikuti kelas online seperti itu sangat terjangkau. J Beberapa kelas online bahkan juga memberikan e-sertifikat gratis yang bisa dimanfaatkan di kemudian hari.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline