Lihat ke Halaman Asli

Ika Kumala

Penulis Junior

Kenapa Belajar Bahasa Arab Itu Perlu?

Diperbarui: 25 Maret 2021   08:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Tahukah kamu? bahasa arab adalah salah satu bahasa asing yang paling banyak digunakan di dunia. Berdasarkan data dari PBB bahasa arab berada pada daftar 10 bahasa yang berpengaruh di dunia. Bahasa Arab umumnya digunakan di wilayah negara Timur Tengah sebagai bahasa kehidupan sehari-hari. Akan tetapi bahasa Arab juga digunakan sebagai bahasa berbisnis di negara -negara Arab yang kita ketahui disana memiliki peran paling besar dalam insutri minyak bumi di dunia. Meski bahasa Arab bukan bahasa Internasional namun pengaruhnya terhadap kehidupan dan perkembangan industri dunia sangatlah besar.

Ditambah lagi bahasa Arab merupakan identitas umat muslim sebagai bahasa Islam dan bahasa kitab suci Al-Quran. Banyak orang mempelajari bahasa Arab bukan hanya untuk mendukung karir dan bisnis saja, namun juga untuk memahami makna dari ayat suci Al Quran. Tidak semua orang mempelajari bahasa Arab namun bahasa Arab sangat direkomendasikan untuk dipelajari. Dengan mempelajari bahasa Arab akan lebih banyak  keuntungan yang didapatkan. Terutama bagi yang ingin melanjutkan study ke negara Timur Tengah maupun ingin bekerja dan berbisnis ke negara kaya tersebut.


Bagi muslim, belajar bahasa arab akan membantu untuk mempelajari islam lebih dalam dan membuka jendela lebih lebar mengenai sejarah peradapan dan penyebaran islam di dunia. Bukan hanya tentang bagaimana nabi menyebarkan agama namun juga tentang firman-firman Allah yang juga tertulis dengan bahasa Arab. Belajar bahasa Arab dapat dilakukan di berbagai media seperti di forum belajar online, youtube, kelas online, dan lain-lain. Mempelajari bahasa Arab bisa dilakukan secara otodidak namun akan lebih baik jika bersama dengan pengajar yang berpengalaman.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline