Lihat ke Halaman Asli

Ika Taukhida

Mahasiswi Prodi MSP - FPIK 2018

Edukasi Pentingnya Menjaga Imunitas Tubuh di Masa Pandemi Covid-19 dengan Pasang Banner dan Penyebaran Video di Desa Sidorejo

Diperbarui: 12 Agustus 2021   08:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kendal (22/07) -- Penularan virus Covid-19 pada masyarakat khususnya di Desa Sidorejo hingga saat ini masih berlanjut dan jumlahnya semakin meningkat. Sesuai di web Data Pantauan Covid-19 Kabupaten Kendal, dengan sumber Dinkes Kabupaten Kendal, sampai saat ini per 22 Juli 2021. Total kasus terkonfirmasi Covid-19 di kabupaten Kendal sebanyak 13.105 kasus. 

Sementara itu, untuk di Desa Sidorejo sendiri pada tanggal 22 Juli 2021 tercatat total kasus positif Covid-19 sebanyak 16 kasus. Data di atas telah cukup membuktikan pandemi ini merupakan permasalahan di Kabupaten Kendal, khususnya di Desa Sidorejo. 

Meningkatknya jumlah yang terjangkit virus Covid-19 setiap harinya perlu adanya perhatian khusus dalam menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh sehingga mampu menangkal serangan virus Covid-19. Program kerja KKN TIM II UNDIP tahun 2021 di Desa Sidorejo yang berkaitan dengan pencegahan penyebaran Covid-19, dirancang dengan tujuan ikut membantu, berpartisipasi, serta mengedukasi warga terkait penanganan Covid-19 di desa Sidorejo.

Banyaknya warga yang masih belum tahu tentang tata cara yang tepat untuk menjaga imunitas tubuh, membuat mahasiswa KKN TIM II Undip tahun 2021 berinisiatif untuk mencetak dua buah banner yang isinya dirancang dan didesain dengan tujuan mengedukasi warga Sidorejo agar selalu menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh di masa pandemi Covid-19. 

Kegiatan yang dilakukan mahasiswa KKN adalah penyerahan banner kepada kepala desa dan perangkat desa serta bekerja sama dengan perangkat Desa Sidorejo untuk pemasangan di dua titik tempat yang memang sering dikunjungi warga. Dua titik tersebut berada di depan aula Balai Desa Sidorejo dan di pasar Srogo Sidorejo, yang mana tempat tersebut sering didatangi warga yang akan berbelanja di pasar. Kedua tempat tersebut dirasa sangat strategis karena sering didatangi warga setempat. Warga yang berdatangan ke tempat tersebut dapat langsung membaca isi banner pencegahan Covid-19, sebagai wujud edukasi untuk selalu mengingat pentingnya menjaga imunitas tubuh di masa pandemi Covid-19 agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari virus.

dokpri

Selain pemasangan banner, juga dilakukan penyebaran video cara menjaga imunitas tubuh pada Minggu (25/07). Video tutorial cara menjaga imunitas tubuh di masa Pandemi Covid-19 dibagikan kepada masyarakat sasaran melalui sebuah link video yang telah diupload ke Youtube. Penyebaran link video tersebut dilakukan di grup WhatsApp yang telah dibuat. 

Melalui program kerja pencegahan Covid-19 ini, yaitu dengan pemasangan dua buah banner  dan penyebaran video cara menjaga imunitas tubuh di masa pandemi Covid-19, diharapkan bisa memberikan edukasi yang lebih baik bagi warga desa Sidorejo untuk selalu menjaga imunitas tubuh dan menerapkan pola hidup sehat disetiap harinya. Bertambahnya kesadaran warga akan pentingnya menjaga imunitas tubuh dalam hal melawan virus, maka diharapkan dapat membantu memutus mata rantai penyebaran Covid-19, khususnya di Desa Sidorejo.

Ika Taukhida -- FPIK Undip 2018

Dosen Pembimbing: Ir. Bambang Sulistiyanto, M.Agr., Sc., Ph.D., IPU

Desa Sidorejo, Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal

KKN TIM II UNDIP KENDAL 2021




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline