Lihat ke Halaman Asli

Ika Tcn

Freelancer

Melihat Elemen Dasar Resort pada Salah Satu Penginapan di Yogyakarta

Diperbarui: 1 Oktober 2019   10:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber foto: agoda.com

Sebenarnya resort itu seperti apa ? Terus bedanya sama hotel apa ya ? Jadi gini, Karena membangun resort seperti membangun daerah, maka harus memperhatikan juga elemen dasar resort. Ada banyak hal yang dilakukan. 

Beberapa diantaranya akan aku bahas disini. Pertama, memperhatikan fasilitas, akomodasi serta furnitur, fixtur dan aksesoris yang harus memenuhi beberapa unsur misalnya estetika. Maksud estetika adalah bagus, atau memiliki keindahan. Estetika juga mempengaruhi kenyamanan yang dirasakan oleh pengunjung. 

Hal ini juga harus di dukung dengan daya tahan misalnya saja bangunan yang di pakai merupakan bangunan tahan gempa, dari situlah pengunjung juga akan merasakan aman. Dan daya tahan tersebut juga harus memperhatikan ketersediaan bahan harus ada, yakni menggunakan bahan yang ada di daerah setempat dengan tetap memperhatikan biaya yang akan dikeluarkan terutama untuk pemeliharaannya. 

Jika semua unsur diperhatikan atau dilaksanakan maka keamananpun akan terjaga. Dalam penggunaan furnitur, resort harus memperhatikan tiga hal yang akan digunakan yaitu tradisional, kontemporer, atau kombinasi.

Elemen dasar berikutnya adalah fasilitas,  makanan dan minuman. Karena resort terdiri dari penginapan, maka makanan dan minuman menjadi salah satu unsur yang harus ada. Resort harus memiliki landscaping yaitu menyajikan pemandangan. 

Recreation activities atau kegiatan rekreasi yang harus ada di resort harus lah mengimbangi kegiatan perkotaan yang tentunya juga didukung dengan fasilitas yang memenuhi kebutuhan pengunjung. Elemen terakhir adalah adanya souvenir shop karena banyak wisatawan datang ingin membawa buah tangan saat hendak pergi meninggalkan tempat.

Selain mengunggulkan kamar yang dijual, fasilitas dan berbagai macam kegiatan di resort harus mampu menarik minat wisatawan supaya berkunjung. Variasi jenis rekreasi menjadi salah satunya. Maka dari itu variasi tersebut harus tetap mengikuti jaman. 

Begitu pula dengan good food, yakni penyediaan berbagai menu makanan dan minuman yang disajikan bukan sekedar enak saat dinikmati saja, melainkan memiliki seni dalam penampilan dan cara mengolahnya.

Kenyamanan dan kebersihan juga menjadi salah satu faktor penting yang ikut menentukan fasilitas di resort dapat dijadikan unggulan. Kenyamanan dan kebersihan harus dilihat dari berbagai sisi semua indera manusia karena kebersihan bukan cuma dilihat. 

Excelent dan pelayanan yang baik sesuai SOP harus mampu menuntut karyawan untuk bersikap sempurna atau serba bisa di depan pengunjung. Karena lokasi menentukan segmen pasar, maka aktivitas yang ada diresort haruslah terorganisasi dengan baik supaya pengunjung juga memberikan ekspektasi yang lebih baik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline