Lihat ke Halaman Asli

Ika anggrainy

guru di SMA Negeri 6 Pinggir, CGP Angkatan 6

Pembelajaran Inovatif

Diperbarui: 15 Januari 2023   07:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Di sini saya akan menceritakan proses saya sampai ke pendidikan PPG Daljab tahun 2022. dimulai dari tahun 2015 sampai tahun 2022, saya sudah beberapa kali mengikuti UKG dan Pretest sampai 3 kali, dan di pretest keempat, baru saya lulus, ditahun 2022. dan alhamdulillah dapat panggilan di SIM PKB pada bulan November untuk mengikuti Pendidikan Profesi Guru sampai saat ini, baru sampai di tahap penyelesaian PPl Aksi 2, dan saya mendapatkan LPTK UKSW Salatiga  dan kebetulan kegiatan tersebut bersamaan dengan saya sedang mengikuti CGP Angkatan 6. 

hal ini adalah suatu anugrah bagi saya , dimana ini merupakan tantangan bagi saya, untuk menyelesaikan pendidikan keduanya dengan baik. 

adapun identifikasi masalah yang saya ambil untuk PPG adalah, Guru didalam melakukan pembelajaran harus melaksanakan TPACK, ABCD, supaya pembelajaran tidak monoton, dan siswa tertantang untuk melaksanakan pembelajaran Inovatif. 

adapun identifikasi masalah yang didapat dari jenis permasalahan "pedagogik" , dengan masalah yang diidentifikasi adalah "Siswa Kecanduan Game Online", dan yang didapat dari analisis Identifikasi Masalah adalah:

Indikator :

  • Siswa kurang fokus di kelas disaat pembelajaran
  • Siswa sering bermain hp di jam pembelajaran

Sebab:

  • Penggunaan handphone yang tidak tepat guna
  • Kurangnya pengawasan orang tua, baik dari segi pemberian uang saku, atau kurangnya interasksi orang tua da anak di rumah
  • Karena  guru tidak memanfaatkan teknologi dalam kegiatan pembelajaran
  • Model dan metode pembelajaran yang monoton
  • Guru tidak mngembangkan RPP dengan benar (copy paste)

Dampak :

  • Siswa sering tidur di kelas, karena kurang tidur malam
  • Siswa jarang bersosialisasi dengan lingkungan sekitar
  • Siswa tidak mencapai KKM diakhir periode pembelajaran

sedangkan jenis permasalahan "Literasi" dengan masalah yang diidentifikasi adalah "Rendahnya minat membaca siswa untuk mempelajari materi pembelajaran", yang didapat dari analisis Identifikasi Masalah adalah :

Indikator :

  • Siswa jarang berkunjung  ke perpustakaan untuk membaca buku akuntansi
  • Siswa sering berkumpul di saung ketika istirahat
  • Tidak memanfaatkan pojok baca di kelas
  • waktu belajar di sekolah dari pagi sampai sore hari,sehingga menyebabkan siswa tidak ada waktu untuk melakukan obeservasi ke UMKM di lingkungan sekitar

Sebab :

  • Buku buku yang ada di perpustakaan kurang menarik
  • Tidak ada reward yang diberikan untuk siswa yang sering ke perpustakaan
  • Guru tidak mensupport siswa untuk melakukan literasi
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline