Lihat ke Halaman Asli

Menonton Bioskop Sebagai Bentuk Budaya Konsumtif

Diperbarui: 19 September 2015   18:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

  http://www.rudihartoyo.com/nonton-fast-furious-7-bersama-venom-medan/fast-and-furious-7/

Seiring kemajuan Perkembangan Teknologi Komunikasi, membawa banyak pengaruh terhadap masyarakat. Salah satu pengaruhnya adalah kebiasaan masyarakat menonton film di bioskop.

Dari kalangan anak-anak hingga dewasa datang ke bioskop untuk menonton film terbaru atau film yang trailernya muncul di televisi, dilansir dari https://www.blitzmegaplex.com/en/rate_card.php.

Hal ini dilakukan masyarakat untuk menunjukan bahwa mereka dapat mengikuti budaya populer saat ini yaitu menonton film di bioskop.Maka tak jarang juga mereka memfoto tiket yang sudah mereka beli lalu di posting ke media sosial mereka untuk menunjukan bahwa mereka sudah mengikuti budaya atau saat ini sering disebut kekinian.

Sebenarnya budaya menonton dan memfoto tiket di bioskop sudah ada sejak dulu, namun pada zaman sekarang ini budaya ini semakin menyebar luas hingga bahkan menjadi suatu kebutuhan di kalangan masyarakat saat ini.

Hal ini terkait dengan teori ketergantungan media menurut Melvin Defluer dan Sandra Ball Roceach yang menyatakan bahwa semakin seseorang tergantung pada suatu media untuk memenuhi kebutuhannya, maka media menjadi semakin penting untuk orang itu, dilansir dari http://ilhamkusumah.blogspot.co.id/2011/06/teori-ketergantungan-media-dependency.html

Posting foto tersebut menunjukan bahwa kehidupan masyarakat sekarang tergantung pada media, media sudah menjadi kebutuhan hidupnya. Semua yang dikatakan media seperti diikuti oleh masyarakat.  

Dengan ini maka kebiasaan menonton bioskop dapat berdampak buruk bagi masyarakat karna dapat menimbulkan budaya konsumtif . Film yang di tonton pun belum pasti bermanfaat.

Kita sebagai masyarakat khususnya para remaja jangan takut di bilang cupu atau tidak kekinian. Apabila penasaran dengan film yang diputar di bioskop, kita dapat meminjam kaset di rental kaset film setelah film itu diputar di bioskop. Dengan begitu kita dapat menonton film yang sama, malah kita dapat menghemat uang.

Masih banyak kegiatan yang bermanfaat yang dapat kita lakukan selain menghabiskan uang di bioskop, pergunakanlah waktu dan uang kalian sebijak mungkin agar tidak boros.  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline