Lihat ke Halaman Asli

Laksanakan PKM, Dosen Teknik Mesin Unesa di Kelompok Peduli Lingkungan "Bank Sampah Cemara RW I Panggul Sidoarjo"

Diperbarui: 17 November 2023   13:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar Penyerahan Mesin Pemotong Ring Gelas/dokpri

Dalam rangka melaksanakan Tri dharma Perguruan Tinggi, Dosen SI Teknik Mesin Unesa yang diketuai Ika Nurjannah melaksanakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat yang berjudul:" Mesin Pemotong Ring Gelas Untuk Meningkatkan Produktivitas Kelompok Peduli Lingkungan Bank Sampah Cemara RW I Punggul Sidoarjo" pada hari Minggu 18 September 2023 bertempat di UKM Bank Sampah Cemara RW I Punggul Sidoarjo.

 Tujuan program PKM ini adalah meningkatkan kualitas dan kuantitas dari hasil pengumpulan sampah plastik berupa gelas air mineral pada kelompok peduli lingkungan “Bank Sampah Cemara RW I Punggul” setelah sebelumnya Ika Nurjannah beserta tim melakukan wawancara pada mitra. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah pada proses pemotongan ring gelas yang membutuhkan waktu lama karena dilakukan secara manual menggunakan pisau atau gunting serta lemahnya managemen keuangan. Sehingga Solusi yang diberikan pada kegiatan PKM ini  dengan memberikan mesin pemotong ring gelas dan pelatihan manajemen keuangan.

Ketua UKM Bank Sampah Cemara RW I Punggul Sidoarjo, Naniek Jumami menyampaikan apresiasi yang mendalam atas terlaksananya kegiatan PKM oleh dosen S1 Teknik Mesin Unesa tersebut.

"alhamdulillah kami sangat berterimakasih atas terselenggaranya kegiatan PKM ini, karena dengan adanya mesin pemotong ring gelas ini merupakan salah satu solusi yang sangat kami butuhkan selama ini untuk mempercepat proses pemotongan ring gelas", ujar Naniek Jumami selaku ketua Bank Sampah Cemara RW I.    

  

Adapun kegiatan sosialisasi dan pelatihan pengoperasian Penyerahan Mesin pemotong Ring Gelas terdiri dari :

  • Pemaparan singkat spesifikasi dan penggunaan mesin pemotong ring gelas
  • Demonstrasi penggunaan mesin pemotong ring gelas
  • Diskusi terkait evaluasi kegiatan pelatihan penggunaan mesin pemotong ring gelas

Sedangkan materi yang dilakukan saat pelaksanaan demonstrasi dan pemaparan penggunaan Penyerahan mesin pemotong ring gelas antara lain:

1. Penjelasan spesifikasi mesin pemotong ring gelas

2. Cara pengoperasian mesin pemotong ring gelas

3. Cara mengatasi jika terjadi kendala / trouble shooting pada mesin pemotong ring gelas

Setelah pelaksanaan PKM, diperoleh info bahwa penggunaan mesin pemotong ring gelas meningkatkan kualitas pemotongan yang lebih bersih dan rapi, serta terjadi peningkatan kuantitas hasil pemotongan sebesar 5 kali lipat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline