Lihat ke Halaman Asli

Wujudkan Ketahanan pangan, Mahasiswa KKN Unesa beri Pelatihan Hidroponik di desa Ringinanom Nganjuk

Diperbarui: 19 Mei 2023   12:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kelompok 07 KKN Unesa bersama Warga peserta pelatihan Hidroponik di Ringinanom Kab. Nganjuk (17/05/2023)

Mahasiswa kelompok 07 KKN Tematik Unesa 2023 melalui program projek desa menggelar pelatihan hidroponik kepada warga Ringinanom Kab Nganjuk Rabu (17/05/2023).

Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk pengembangan potensi desa dalam mewujudkan ketahanan pangan dan pelestarian Lingkungan hijau. Mahasiswa KKN kelompok 7 yang diketuai oleh Muhammad Yayang Subekti berharap dengan adanya pelatihan hidroponik sederhana ini, nantinya mampu menjadi solusi dalam pemanfaatan lahan sempit dengan hasil maksimal.

Pada kegiatan pelatihan tersebut, warga diberikan materi dasar terkait hidroponik, praktek semai, pindah tanam sekaligus praktek pembuatan media sederhana berbahan botol air mineral dan besek plastik. Pelatihan hidroponik ini diberikan langsung oleh DPL KKN 07 Nganjuk Ika Nurjannah, S.Pd., M.T.  sekaligus merupakan Owner Kebun Hidroponik JawaRa Farm yang berlokasi di Surabaya dan Madura.  

"Menanam dengan teknik hidroponik merupakan cara yang cukup mudah, efisien dan tidak membutuhkan lahan yang luas. ditambah lagi menanam secara hidroponik bisa sebagai  hiasan rumah yang cukup menarik dengan memanfaatkan bahan bekas sebagai medianya dan yang pasti sayur hidroponik lebih segar, bebas pestisida dan usaha dibidang hidroponik juga cukup menjanjikan hasilnya," Terang Ika.

 Nuksan selaku Lurah Ringinanom sangat mendukung pelaksanaan Pelatihan Hidroponik bagi warga.

"Selama ini saya kira hidroponik harus investasi mahal, ternyata bisa juga diaplikasikan dengan menggunakan bahan-bahan bekas disekitar. saya wajib mencoba untuk usaha pakan ayam saya dirumah," Ungkap Nuksan.

Nuksan berharap para peserta pelatihan bisa mempraktekkan dan menerapkan menanam dengan teknik  hidroponik dirumah masing-masing, dia juga meminta agar para kader bisa mensosialisasikan hidroponik di lingkiungan RT RW masing-masing. 

"syukur-syukur produk hasil menanam dengan teknik hidroponik bisa menjadi program andalan di Ringinanom dan bisa menambah pendapatan warga," Tutupnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline