Lihat ke Halaman Asli

Lika-liku PPG

Diperbarui: 15 November 2023   20:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

13 tahun mengabdi di dunia pendidikan, akhirnya tahun ini saya terpanggil mengikuti PPG( Pendidikan profesi Guru). Awalnya saya pikir sertifikasi hanya untuk guru yang memiliki kemampuan diatas rata-rata. Karena dari cerita bahkan lapangan yang saya amati, banyak guru yang sudah puluhan tahun bahkan sampai pensiun tidak terpanggil untuk PPG, tapi akhirnya ketakutan saya terpatahkan setelah saya lulus mengikuti pretest tahun 2022 lalu. 

Dalam PPG ternyata banyak proses yang harus dilalui dan sangat menyita waktu. Hampir rasanya menyerah di tengah jalan karena beratnya beban dan proses yang harus dilalui, belum lagi beban mengajar disekolah.  Dunia pendidikan yang sehari-hari kita geluti seketika asing, manakala kita harus dihadapkan dengan keharusan enovasi dalam pembelajaran. Saya yang awalnya gaptek hanya sekedarnya tentang teknologi dipaksa harus bisa mengoperasikan untuk membuat dan mengadopsi pembelajaran yang berbasis TPACK. 

Alhamdulillah, pengalaman luar biasa yang saya dapatkan selama mengikuti PPG. Pengalaman baru, ilmu baru dan bersama orang-orang yang berjiwa pendidikan. Pemikiran yang tadinya terbataspun akhirnya mulai untuk berpikir kritis. 

Intinya jalani saja lika-liku PPG dan kerjakan sebagus mungkin agar bisa lulus 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline