Lihat ke Halaman Asli

Perkembangan Teknologi Komunikasi

Diperbarui: 31 Mei 2016   17:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Perkembagan teknologi globalisasi begitu pesat melanda dunia mewarnai kehidupan masyarakat di manapun mereka berada. Lagi-lagi anak muda dalam konteks global menjadi salah satu agen penting dalam memberikan kontribusi untuk kampanye pengaruh global. Teknologi informasi menjadi salah satu ikon penting ketika berbicaraglobalisasi. Sentuhan-sentuhan berbagai peralatan canggih yang mampu memberi warna terhadap kehidupan manusia sebagai besar dikampanyekan lewat teknologi informasi. Bahkan pada titik tertentu,ketnologi informasi menjadi salah satu pertanda yang dapat membedakan masyarakat yang tersentuh globalisasi dan yang tidak. Lompatan-lompatan teknologi komunikasi ini semakin hari semakin cepat, dan masyrakat global harus mengimbangi kemajuan teknologi komunikasi ini.

Hanya di sisi lain ketika penemuan teknologi informasi  berkembang dalam skala masal, teknologi itu telah merubah bentuk masyarakat, dari masyarakat dunia lokal menjadi masyarakat dunia global. Sebuah dunia yang sangat tranparan terhadap perkembangan informas, transpotasi serta teknologi yang begitu cepat dan begitu besar memengaruhi peradapan umat manusia. Dengan demikian dunia dijuluki sebagai the global fillage, yaitu sebuah masyarakat saling kenal dan saling menyapa satu sama lain tampa terhalang tempat dan waktu.

Masyarakat global itu juga di maksud sebagai sebuah kehidupan yang memungkinkan komunitas manusia menghasilkan budaya –budaya bersama, menghasilkan produk industri, menciptakan pasar bersama, memelihara keamanan, menciptakan matauang bersama, melakukan pertahanan meliter, dan bahkan menciptakan peperangan dalam skala global disemua ini.

Secara nyata perkembangan teknologi telah mampu menciptakan dunia global yang berkembang tampa batas negara dan bangsa. Dunia teroterial dan dunia ruang telah menjadi sesuatu yang sagat tidak berarti. Bila suatu bangsa ingin menggambarkan zaman ini maka gambaran yang terbaik untuk di jelaaskan mengenai suatu realitas masyarakat adalah masyarakat dengan sistem teknologi yang baik atau masyarakat teknologi. Untuk menciptakan masyarakat teknologi, suatu masyarak harus memiliki sistem teknologi yang baik. Oleh karena, dapat dikatakan bahwa fungsi teknologi adalah kunci perubahan masyarakat.

Perkembanga teknologi berdampak pada teknologi informasi yang membuat media masa menjadi sebuah aspek yang penting dalam kehidupan masyarakat moderen karena tidak saja mendorong perkembangan  sebuah lingkungan yang strategis yang memasuki wilayah global perkembangan teknologi yang begitu cepat sangat memungkinkan untuk semakin memperlonggar filter media itu sendiri sehinnga tidak ane jika di ruang maya ini masyarakat dan khususnya para remaja mendapat jamuan jamuan yang kurang mendidik bahkan cenderung negative. Media kemudian berkembang menjadi sebuah industri bisnis besar di abad modern ini. Pertimbangan yang rasional dalam kontek industri bisnis adalah apa menjadi keuntungan finansial tidak bisa dikalahkan dengan tuntunan moral dan akhlak masyarakat. Akhirnya, media masa sebagai salah satu wujud dari teknologi informasi tidak lagi menjadi pilihan ideal dalam mengawangi akhlak para remaja, justru andil besarnya dalam memberikan konsribusi dektruktif bagi kelangsungan generasi muda ahir ini atau dimasa mendatang




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline