Lihat ke Halaman Asli

Iip Syarip Hidayat

Teacher, Blogger, Enterprenuer, Konten Kretor dan penulis

Apa dan Bagaimana Pembelajaran Berdiferensiasi

Diperbarui: 3 Februari 2024   15:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : https://www.smansapaguyangan.sch.id/read/161/pembelajaran-berdiferensiasi

Oleh : Iip Syarip Hidayat,M.Pd

Dalam pendidikan guru penggerak, kita mengenal dengan istilah pembelajaran berdiferensiasi. Tidak semua guru akrab dengan istilah ini, karena masih asing dengan pembelajaran satu ini. sebelumnya  jarang sekali mendengar istilah ini. lalu, apa dan bagaimana   pembelajaran berdiferensiasi  itu ? mari kita simak lebih lanjutnya di bawah ini.

Seperti dikemukakan oleh Tomlinson (2001: 45), Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid. Jadi, Pembelajaran Berdiferensiasi adalah sebuah pembelajaran yang lebih  mengupayakan untuk memenuhi kebutuhan belajar murid.   Dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di dalam kelas para guru perlu memikirkan tindakan yang masuk akal yang nantinya akan diambil, karena pembelajaran berdiferensiasi tidak berarti pembelajaran dengan memberikan perlakuan atau tindakan yang berbeda untuk setiap murid, maupun pembelajaran yang membedakan antara murid yang pintar dengan yang kurang pintar. Pembelajaran ini mempertimbangkan 3 aspek kesiapan belajar dalam memetakan kebutuhan murid, yaitu : kesiapan belajar, minat belajar dan profil belajar murid.

Ciri-ciri atau karakteristik pembelajaran berdiferensisi antara lain; lingkungan belajar mengundang murid untuk belajar, kurikulum memiliki tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas, terdapat penilaian berkelanjutan, guru menanggapi atau merespon kebutuhan belajar murid, dan manajemen kelas efektif.

Berikut adalah contoh kelas yang menerapkan pembelajaran berdiferensisi adalah ketika proses pembelajaran guru menggunakan beragam cara agar murid dapat mengeksploitasi isi kurikulum, guru juga memberikan beragam kegiatan yang masuk akal sehingga murid dapat mengerti dan memiliki informasi atau ide, serta guru memberikan beragam pilihan di mana murid dapat mendemonstrasikan apa yang mereka pelajari.

Lalu bagaimana strategi yang kita lakukan dalam pembelajaran berdiferensiasi ini ?

Ada tiga strategi pembelajaran diferensiasi yang bisa kita lakukan berdasarkan tiga pemetaan kebutuhan murid di atas. Setelah kita mengidentifikasi kebutuhan belajar murid kita, maka kita kemudian dapat menentukan apa strategi diferensiasi yang ingin kita lakukan yaitu :

 Diferensiasi konten yaitu ragam materi yang akan diajarkan kepada siswa berdasarkan kesiapan, minat, dan profil belajar siswa.

 Diferensiasi proses yaitu skenario pembelajaran yang kita rancang supaya murid bisa memahami atau memaknai apa informasi atau materi yang dipelajari saat kita telah memetakan kebutuhan belajar murid tersebut.

Ada beberapa cara untuk menentukan diferensiasi proses, di antaranya :

Melaksanakan kegiatan berjenjang

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline