Lihat ke Halaman Asli

Mencoreng Damai Bumi Aceh

Diperbarui: 17 Juni 2015   09:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Senin 23 Maret 2015, terdengar kabar memilukan dari Serambi Mekah, dimana dua orang anggota Kodim 0103/ Aceh Utara diberitakan hilangdiculik kelompok bersenjata.Korban penculikan ditemukan meninggal di Desa Bate Pilah, Kecamatan Nisam Antara pada Selasa, 24 Maret 2015, di sekitar lima kilometer dari lokasi penculikan.Kejadian yang dilakukan oleh sekelompok orang yang tidak dikenal tersebut menunjukkan suatu perbuatan yang sangat tidak berperi kemanusiaan, sangat berbeda jauh dengan makna predikat dari daerah tersebut sebagai Serambi Mekah.

Perbuatan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab tersebut, menunjukkan praktek kegiatan seorang atau sekelompok orang teroris yang sering kali memakan korban yang tidak berdosa. Teroris selalu berusaha menarik perhatian masyarakat luas dan memanfaatkan media massa untuk menyuarakan pesan perjuangannya bahwa daerah Aceh yang sudah mengalami perdamaian selama lebih kurang 10 tahun, saat ini tidak aman. Mereka berusaha mengumpulkan dana untuk membiayai kegiatannya melalui tindakan-tindakan kekerasan, bahkan tidak segan-segan untuk menghilangkan nyawa orang yang tidak berdosa.

Sebagai warga negara apapun profesi dan kegiatan sehari-harinya mempunyai tanggungjawab untuk menjaga ketertiban lingkungannya, terlebih sebagai seorang anggota TNI yang pastinya memiliki kepedulian yang lebih dari lainnya terhadap kondisi ketertiban dan keamanan lingkungannya. Sebagai anggota Kodim 0103/Aceh Utara secara pribadi maupun satuan, selalu terpanggil untuk melakukan pembinaan wilayah, melalui kegiatan komunikasi sosial dengan masyarakat agar terjalin saling pengertian sehingga terbangun kondisi wilayah yang menguntungkan bagi semua pihak.

Perbuatan pelaku  yang tidak bertanggung jawab, dan meresahkan masyarakat, layak untuk mendapatkan ganjaran yang setimpal baik secara hukum maupun secara adat dari lingkungan masyarakatnya. Seluruh lapisan masyarakat harus saling bergandengan tangan dengan mengambil peran yang dapat dilakukan sesuai dengan kemampuannya, sebab dengan adanya persatuan dan kesatuan dari seluruh komponen masyarakat untuk menghadapi gerakan teroris tersebut. Apabila seluruh rakyat bersatu untuk tidak mendukung gerakan para teroris, bahkan mau bekerja sama dengan aparat keamanan maka gerakan teroris tersebut tidak akan berkembang. Mari kita wujudkan semangat persatuan dan kesatuan demi kemajuan bangsa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline