1.2.a.6. Demonstrasi Kontekstual Modul 1.2
Perkenalkan, saya Iin Nuraeni Calon Guru Penggerak Angkatan 9 dari UPT Satuan Pendidikan SDN Pekoren I Rembang Kabupaten Pasuruan Jawa Timur.
Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan Demonstrasi Kontekstual Nilai dan Peran Guru Penggerak Modul 1.2. Angan dan cita-cita saya setinggi bintang di langit, saya ingin terbang, walaupun tidak punya sayap, dan saya akan bermimpi untuk 3 tahun kedepan setelah saya lulus dari program guru penggerak ini.
Seorang guru penggerak harus memiliki komitmen berupa nilai nilai yang harus di pegang, pedomani dan diterapkan, karena didalamnya memuat kekuatan seorang guru dalam menerapkan filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantara dan mewujudkan profil pelajar pancasila. Dengan kata lain nilai-nilai tersebut mutlak melekat pada sosok guru penggerak yakni, mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif, serta berpihak pada murid.
Berikut adalah gambaran diri saya di masa depan setelah mengikuti program pendidikan guru penggerak;
Saya akan menjadi:
Pemimpin Pembelajaran yang memiliki komitmen tinggi untuk mewujudkan pendidikan berkualitas baik di kelas, sekolah, maupun lingkungan masyarakat dengan menjalankan filosofi pemikiran Ki Hadjar Dewantara "Ing Ngarso Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani". Menjadi pemimpin pembelajaran yang mampu memanajemen waktu, membuat program sekolah, memperhatikan komponen pembelajaran seperti kurikulum sekolah baik intra maupun ekstra kurikuler sekolah, bagaimana proses pembelajaran yang berlangsung, melakukan refleksi dan asesmen pembelajaran, pengembangan diri guru, menciptakan ekosistem yang kondusif antar stakeholder baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah sebagai bentuk upaya mensukseskan tujuan pembelajaran hingga tercapai kemerdekaan dalam belajar dan murid akan sampai pada selamat dan bahagianya.
Saya akan menjadi Coach Bagi Guru Lain yang siap bergerak dan menggerakkan, menemani dan menuntun rekan sejawat untuk menelaah proses pembelajaran yang dilakukan. Saya ingin memberdayakan diri saya melalui refleksi atas hasil-hasil pengalaman profesional dalam proses pembelajaran serta melakukan pengimbasan terhadap pelatihan yang telah saya ikuti kepada rekan sejawat agar mereka dapat mengambil pembelajaran, bisa ikut mengakses setiap informasi dan atau praktik baik yang pernah saya lakukan untuk kemudian mereka dapat mengevaluasi proses pembelajaran yang telah dilaksanakan dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran.
Saya memiliki semangat yang sangat tinggi untuk mendorong kolaborasi, membuat perubahan di instansi dalam menggerakkan dan membuka ruang dialog positif antar guru dengan lebih banyak pemangku kepentingan lainnya baik di dalam maupun di luar sekolah demi meningkatkan kualitas pembelajaran yang dapat membawa dampak positif pada murid.
Saya siap mengambil peran untuk mewujudkan kepemimpinan murid (Student Agency) dengan merancang pembelajaran yang dapat mengantarkan murid menjadi kompeten, mandiri, inovatif, aktif, mencintai, dicintai, dan memiliki kepercayaan diri serta keyakinan untuk mencapai segala yang mereka mimpikan sehingga mereka berdaya dan turut aktif berkontribusi dan siap menjemput impian indahnya di masa depan.