Lihat ke Halaman Asli

iin nuraeni

seorang ibu yang menyukai anak-anak, suka menulis, dan ingin terus belajar.

Berseri dalam Toleransi

Diperbarui: 24 Desember 2021   05:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

BERSERI DALAM TOLERANSI

Aku seorang guru di sebuah Lembaga Pendidikan Sekolah Dasar Negeri yang mana semua penganut agama bisa mengenyam pendidikan, karena sudah di atur oleh undang-undang 1945 pasal 29 ayat 2, yang berbunyi "Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduknya untuk memeluk agama" dengan adanya aturan ini, kami banyak belajar apa itu toleransi, saling berdampingan dengan berbagai penganut agama dalam sebuah keluarga besar yaitu lembaga pendidikan.

Toleransi antar umat beragama merupakan hal yang penting untuk dimiliki oleh setiap manusia saat ini, karena toleransi beragama merupakan sikap saling menghormati dan menghargai perbedaan agama yang ada dalam kehidupan, contoh toleransi beragama adalah dengan saling menghormati hak setiap orang untuk memilih agamanya serta memberikan ruang kepada mereka untuk menjalankan ibadah sesuai agamanya masing-masing.

Setiap tahun selalu ada beberapa peserta didik yang berbeda keyakinan, walaupun mereka minoritas, tapi kehadiran mereka sangat berpengaruh dan menjadikan model pembelajaran yang sebenarnya bagi kita dan peserta didik lain tentang makna toleransi.

Untuk  tahun ini, di kelas kami hadir Reyno dan Reynata,

  • Reynata dan Reyno  keduanya sangat akrab dan bercampur tanpa sekat dengan kami yang mayoritas muslim, bagaimana dia menyesuaikan diri sampai kami tak bisa melihat perbedaan ini.
  • Reynata dan Reyno yang bisa memantaskan dirinya dari segi berpakaian, tutur kata, dan bahkan tindakan yang membuat teman-teman yang lain tidak membedakan.
  • Dia yang selalu memimpin teman-temannya berdoa di awal pelajaran, walaupun dia berbeda.
  • Dia yang selalu ikut terlibat dalam berbagai kegiatan keagamaan, dan bahkan ikut terlibat ketika ada event penggalangan dana untuk Zakat, atau sedekah Jumat, dan menghargai teman yang berbeda agama ketika harus mengikuti pelajaran tertentu.
  • Dalam pergaulan pun mereka berbaur dengan teman-temannya yang lain.

Terimakasih yang bisa ibu ucapkan buat kalian putra-putri generasi emas bangsa yang bisa menerapkan dalam kehidupan yang sebenarnya apa makna perbedaan yang tidak harus membedakan satu dengan yang lain. 

Semoga apa yang kalian dapatkan tentang makna toleransi bisa kalian pegang teguh dan terapkan dalam berkehidupan di masyarakat dan masa depan kalian demi negeri tercinta kita Indonesia yang ber Bhineka Tunggal Ika, IBU BANGGA, SUKSES SELALU BUAT KALIAN SEMUA.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline