Lihat ke Halaman Asli

Indri Permatasari

TERVERIFIKASI

Landak yang hobi ngglundhung

[Maine Coon] Kucing Raksasa yang Cantik

Diperbarui: 26 Juni 2015   03:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13106345411747367067

[caption id="attachment_119301" align="aligncenter" width="800" caption="ngambil dari tom-kuu.blogspot.com"][/caption]

Bagi para pecinta hewan peliharaan pasti sudah mengenal yang satu ini, yups Maine Coon, hewan cantik berbulu lebat ini termasuk kucing dengan ukuran raksasa karena panjang maine coon jantan bisa mencapai 1 meter dengan berat 6-9 kg dan untuk betina bisa mencapai 80-9- cm dengan berat 5-6 kg. apalagi didukung dengan tambahan bulu musim dinginnya yang gondrong mencapai 7cm maka membuat kucing ini semakin menggembung, dan enak buat dijadikan guling wkwkwkw….

Riwayat ras kucing yang satu ini terbentuk secara alamiah, berasal dari negara bagian Maine Amerika Serikat. Tetapi banyak cerita mitos yang berkembang bahwa maine coon adalah hasil perselingkuhan antara kucing dan racoon karena ekornya yang mirip mirip sama si racoon[wew…bener nggak ya hehe], dan mungkin karena itu pula lah nama racoon pun diadopsi membentuk nama belakang ras kucing ini. Adapula satu cerita populer mengenai maine coon yaitu berasal dari enam ekor kucing peliharaan Marie Antoinette yang dikirim ke Wiscasset (Maine) ketika ia merencanakan untuk melarikan diri dari Perancis pada saat terjadi revolusi Perancis.Hehe nggak tahu deh mana yang benar.

Dilihat dari morfologi tubuhnya yang super jumbo sih, paling mungkin maine coon terbentuk sebagai hasil persilangan antara kucing domestic dengan kucing ras negara lain seperti angora atau norwegian forest cat, namun secara postur yang paling mendekati sih ya si norwegian forest cat.

Maine coon pernah menang di tahun 1895 dalam sebuah kontes kucing di Madison Square Garden, atas nama Cossie seekor maine coon betina berwarna brown tabby. Namun di era 1900 popularitas ras ini menurun drastis karena kepopuleran kucing persia, dan baru kembali dilirik dan dikembangkan kembali sekitar tahun 1950. Sebenarnya secara genetis, maine coon mempunyai salah satu ciri genetis dominan yaitu polidactyl(kelebihan jari), namun karena sebagian besar organisasi dan klub kucing dunia tidak mengijinkan maine coon polidactyl mengikuti kontes, maka banyak pembiak yang sengaja menghilangkan sifat genetik ini.

Karena berasal dari daerah dingin, maka semua anggota tubuh maine coon merupakan hasil fungsi adaptasi terhadap cuaca yang ekstrim. Bulunya mengkilap, tebal dan anti air hehe, serta bulu yang super tebal di bagian leher, perut dan kaki serta ekor panjang nya yang akan dilingkarkan melindungi tubuhnya ketika sedang tidur. Telinga dan mata nya besar dengan kemampuan melihat dan mendengar yang lebih. Maine coon termasuk kucing dengan pertumbuhan yang lambat, dan baru mencapai ukuran jumbo nya setelah berumur 3-5 tahun.

Bagi anda yang lebih senang kucing yang aktif, maka maine coon bisa menjadi pilihan, karena dia lebih senang bermain dengan pemiliknya bila dibandingkan dengan persia yang cenderung anteng dan hobi leyeh-leyeh. Untuk perawatan sehari hari hampir mirip dengan kucing ras lain, grooming, pet food berkualitas dan ruangan yang sejuk tentu syarat utama, dan jangan lupa vaksinasi yang lengkap dan teratur sesuai jadwal agar hewan peliharaan tetap sehat dan aman diajak bermain.

Nah anda tertarik untuk memelihara maine coon?kalau saya sih sangat tertarik, tapi berhubung harganya yang mahal ya saya nunggu diberi saja…ada yang mau memberi saya nggakya kira-kira?wkwkw…selamat berakhir pekan semuanya, semoga menyenangkan, salam nggambleh dan kaburrrrr

--------------------------------------------------------

*sumber dari wikipedia, flona.

[caption id="attachment_117022" align="aligncenter" width="339" caption="ngambil dari pakdhe google"][/caption] ahahhaha




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline