Lihat ke Halaman Asli

Guru Sebagai Penunjang Utama Peningkatan Mutu Pendidikan

Diperbarui: 24 Juni 2015   02:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Guru Sebagai Penunjang Utama Peningkatan Mutu Pendidikan

Guru adalah seorang yang mampu membimbing, mengarahkan dan mengajar anak muridnya agar menjadi lebih baik lagi dari sebelum-sebelumnya. Guru sebagai salah satu penunjang dalam peningkatan mutu pendidikan, tetapi dunia ini penilaian tentang kualitas guru sangatlah rendah. Lantas, apakah guru-guru yang berkualitas rendah ini harus dibuang semua?

Guru yang sudah ada ditingkatkan lagi kualitasnya, dan bagi para calon guru dipastikan mempunyai kemampuan,selain itu diberi pelatihan-pelatihan lagi. Guru mempunyai peran terhadap peningkatan mutu pendidikan yaitu sebagai komponen dalam system pendidikan, sebagai tenaga pengajar dalam suatu sekolah.

Sekolah tanpa adanya guru tidak akan berjalan secara maksimal, karena guru merupakan salah satu penujang dalam peningkatan mutu pendidikan. Seorang guru harus mempunyai sikap dan prilaku yang baik karena dapat ditiru oleh peserta didiknya. Guru mempunyai tugas, dan fungsi yaitu sebagai mediator, fasilitator, motivator,pendidik,pengajaryang merupakan tenaga pengajar yang mempunyai tugas mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada saat proses pembelajaran berlangsung dikelas, guru memilki kewajiban mengajar juga merupakan profesi dalam meningkatkan mutu kualitas pendidikan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline