Lihat ke Halaman Asli

Iin Devi Nahari

Guru di TK PGRI Dalegan

Laporan Hasil Bets Practice

Diperbarui: 10 Februari 2024   04:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

#Texs https://drive.google.com/file/d/1saRumydaihOU9wYa3j9ApmBU678_ZKGM/view?usp=sharing 

Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan di TK PGRI Dalegan Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik pada anak kelompok A dalam kegiatan mengenal konsep lambang bilangan 1 - 10, Terdapat 8 anak dari 15 anak kelompok A yang masih kesulitan dalam mengenal konsep lambang bilangan. Adapun penyebabnya adalah Kurangnya guru dalam dalam menggunakan model pembelajaran inovatif  yang berpusat pada anak, Kurangnya variasi media atau APE yang  kurang menarik untuk Anak, sehingga anak kurang minat dalam mengenal lambang bilangan, Kegiatan pembelajaran lebih berpusat pada guru dan pembelajaran masih menggunakan LKPD, Kurangnya intensitas guru dalam pengenalan konsep lambang bilangan 1 - 10 disekolah, Guru masih kesulitan dalam menerapkan metode yang menarik minat dan tanggung jawab saya sebagai guru di TK PGRI Dalegan Panceng Gresik dalam praktik pembelajaran adalah berusaha untuk memecahkan permasalahan yang terjadi. Saya sebagai mahasiswa PPG Daljab juga bertanggung jawab untuk membagikan praktik baik yang saya lakukan. Setelah dilakukan identifikasi masalah maka tantangan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran adalah Guru masih kesulitan dalam menerapkan metode yang menarik minat anak, Media yang di gunakan dalam kegiatan pembelajaran bersifat monoton tidak bervariasi, Anak -- anak hanya di ajak mengerjakan LKPD. Selain itu juga terdapat tantangan Ketika inovasi pembelajaran di laksanakan antara lain: Terdapat anak yang masih belum mengenal lambang bilangan 5,6 dan 9 .Yang terlibat dalam Praktik Pengalaman Lapangan (PPL ) ini adalah dosen pembimbing, guru pamong, Seluruh Guru TK PGRI Dalegan Panceng Gresik yang senantiasa membantu dalam proses pembelajaran, Anak didik TK PGRI Dalegan Panceng Gresik. Untuk menghadapi tantangan yang ada tersebut guru mencari kajian literatur yang sesuai dengan permasalahan yang terjadi, juga melakukan wawancara dengan teman sejawat yaitu guru kelompok  A dan B, dan pakar yaitu pengawas TK. Adapun langkah - langkah yang di lakukan untuk menghadapi tantangan yang terjadi pada waktu proses pembelajaran yaitu guru menggunakan berbagai macam media yang menarik bagi anak dan menggunakan metode yang tepat. Adapun langkah - langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan ketika inovasi pembelajaran di laksanakan adalah menjelaskan dan menunjukkan kembali kartu angka dan media roda pintar dan menunjukkan bagaimana cara aturan bermain dalam menggunakn roda pintar dan meminta anak untuk melakukannya kembali. Strategi yang digunakan adalah bermain Roda Pintar dan menggunakan metode Project Based Learning dengan menggunakan berbagai macam bahan. Strategi ini di pilih karena memberi kesempatan pada anak untuk berekspresi dan bereksplorasi sesuai dengan kreativitasnya. Berbagai macam bahan yang di pilih dari bahan-bahan kardus dan kain flanel,serta stik eskrim yang dikasih warna yang menarik, juga  dan bahan -- bahan ini  mudah di temui di lingkungan sekitar anak. Materi yang di perlukan untuk melakukan strategi ini adalah menyiapkan modul ajar ,alat dan bahan yang akan di gunakan dalam pembelajaran. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline