Assalamualikum wr wb
Disini Saya akan memaparkan kembali aliran filsafat pendidikan. di sini saya akan menjelaskan aliran filsafat pendidikan progresivisme. untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan dari saya di bawah ini.
A. Aliran filsafat pendidikan progresivisme
Pendidikan dalam aliran ini berpusat pada anak, bukan berpusat pada guru. dan aliran ini menjadikan guru hanya sebagai fasilitator, pembimbing, dan pengaruh bagi peserta didik. di dalam aliran ini ada beberapa tokoh antara lain: George Axtelle, William O Stanley, Ernest bayley, Lawrence B. Thomas, Frederick C. Neff.
Tujuan dari aliran ini dalam dunia pendidikan adalah: menghargai potensi dan kemampuan anak, untuk melibatkan peserta didik yang lebih banyak untuk dilaksanakannya suatu pembelajaran.
Oleh karena itu dengan menerapkan aliran ini dalam dunia pendidikan, pasti banyak manfaatnya diantaranya dapat membawa perubahan dan juga yang paling terpenting dapat membawa kemajuan pendidikan yang ada di Indonesia menjadi lebih kreatif, berkualitas dan lebih maju.
B. Tokoh-tokoh aliran progresivisme
1. William James
James berkeyakinan bahwa otak atau pikiran harus mempunyai fungsi biologis dan juga harus mempunyai nilai untuk berlangsungnya suatu kehidupan.
2. John Dewey
Tokoh ini lebih menekankan pada anak didik dan minat anak didik. menurut tokoh ini ide filsafatnya yang utama berkisar tentang masalah-masalah pendidikan yang konkret atau nyata, baik itu berupa teori maupun berupa praktek. karena menurut tokoh ini pendidikan adalah suatu proses dari segala kehidupan dan bukan satu persiapan untuk masa depan atau masa yang akan datang.