Lihat ke Halaman Asli

Iie Septiyanti

ASN Guru SMKN 1 Palasah

Jurna Dwi Mingguan Modul 1.2

Diperbarui: 13 Juli 2024   20:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamualaikum, saya Iie Septiyanti Calon Guru Penggerak Angkatan 11 Kabupaten Majalengka.

Pada kesempatan ini saya akan menulis mengenai Jurnal Refleksi Dwi Mingguan pada modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak. Jurnal ini sebagai refleksi diri setelah selama dua minggu ke-2 mengikuti kegiatan Pendidikan CGP yang kedepannya akan ditulis secara rutin selama dua mingguan sebagai tugas yang harus dikerjakan oleh calon guru penggerak.
Dalam menulis jurnal refleksi ini saya menggunakan model 1 yaitu model 4F (Fact, Feeling, Findings, dan Future, yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P yakni : Peristiwa; Perasaan; Pembelajaran; dan Penerapan.

1. Fact (Peristiwa)
Setelah saya mempelajari modul 1.1 yang berkaitan tentang Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara, maka kami melanjutkan ke materi 1.2 mengenai Nilai-nilai dan Peran Guru Penggerak. Pada modul ini saya mulai dengan mempelajari materi kemudian kami diminta untuk membuat trapesium usia. Trapesium usia ini merupakan gambaran diri saya dimulai dari mengawali Pendidikan yang saya tempuh di usia taman kanak-kanak sampai pada usia sekarang bekerja sebagai guru. Pada saat usia sekolah kami diminta mengingat satu dari beberapa kejadian positif dan negatif yang pernah saya alami. Pada saat proses membuat trapesium usia, saya dapat mengingat betul walau kejadiannya sudah sangat lama terjadi baik itu mengenai hal positif dan negatif yang pernah saya alami yang berkaitan dengan guru saya dulu. Disini saya menyadari bahwa peran guru sangat berpengaruh kepada saya.

Kemudian pada materi selanjutnya, saya diminta untuk mengidentifikasi nilai-nilai guru penggerak yang sudah ada pada diri saya. Kemudian bagaimana nilai-nilai guru penggerak tersebut bisa dilakukan dan dioptimalkan dalam pembelajaran (pemimpin belajar).  setelah itu lanju kepada tugas eksplorasi konsep, disitu saya belajar dan berdiskusi tentang cara kerja otak, 5 dasar kebutuhan manusia dan peran guru penggerak.
Selanjutnya saya dan teman-teman diarahkan pada ruang kolaborasi oleh fasilitator kami untuk berdiskusi bersama, yang nantinya kami dibagi-bagi kedalam beberapa kelompok. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua kali pertemuan yakni pada tanggal 5 Juli 2024 untuk diskusi Bersama kelompok kecil kemudian dilanjutkan pada tanggal 8 Juli 2024 untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok kemudian diberi umpan balik berupa pertanyaan dan tanggapan dari kelompok lainnya. Di dalam kelompok ini, kami diminta membuat karya yang berisi gambaran singkat yang berbasis kekuatan nilai lalu merancang satu kegiatan yang sesuai dengan satu peran GP yang kelompok pilih. Pada diskusi ini kelompok kami, memilih nilai kolaboratif dengan peran mewujudkan kepemimpinan murid dengan judul rancangan "Membuat Film Pendek anti bully".

2. Feeling (Perasaan)
Yang saya rasakan dalam pelaksanaan aksi nyata kali adalah :
Saya merasa senang, semangat, antusias, tumbuh kesadaran dan bersyukur bisa menerapkan ilmu yang saya dapatkan di Pendidikan CGP. Saya menyadari bahawa saya bukan apa-apa, banyak guru
hebat dengan ide-ide hebatnya dan saya sangat termotivasi untuk belajar. Saya merasa bangga
karena bisa menjadi bagian dari agen perubahan ekosistem pendidikan. Saya merasa bertanggung jawab dan tertantang untuk melakukan perubahan seperti apa yang saya inginkan

3.Findings (pembelajaran)
Dari modul 1.2 saya banyak mempelajari pengetahuan baru dalam tugas 1.2.a.3 tentang trapezium usia, kami bercerita tentang masa laku kami, ternyata setiap  orang memiliki pengalaman positif (menyenangkan) dan negative (menyedihkan). Kami  saling menguatkan dan saling memberi masukan. Dari modul 1.2 saya banyak mempelajari pengetahuan baru dalam tugas 1.2.a.4 tentang cara kerja otak, 5 dasar kebutuhan manusia, tahap tumbuh kembang anak, Profil pelajar Pancasila, nilai dan peran guru penggerak, bergerak dan menggerakan.

4. Future (Penerapan)
Maka dengan adanya refleksi dari modul 1.2 ini saya harus melakukan pembelajaran yang bertumpu dan berpihak pada murid, sehingga dari itu rencana selanjutnya adalah, saya harus membuat perencanaan dan kesepakatan dengan kepala sekolah, guru kelas, peserta didik dan teman sejawat. Menerapkan metode dan pembelajaran yang sesuai dengan kodrat alam dan zaman sesuai dengan karakteristik peserta didik dalam pembelajaran. Betul -- betul menjadi guru sebagai among/fasilitator yang terus belajar mengembangkan kemampuan diri, memberikan pembelajaran yang menyenangkan dengan memanfaatkan teknologi dan lingkunga di sekitar sekolah. Tidak lupa di setiap akhir pembelajaran selalu melakukan refleksi terhadap apa yang saya lakukan, dan menindaklanjuti hasil refleksi tersebut dengan berkolaborasi dalam semua kegiatan yang positif di lingkungan sekolah.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline