Lihat ke Halaman Asli

Ihza Anafin

Mahasiswa Universitas Diponegoro

Bagaimana cR

Diperbarui: 9 Juni 2022   12:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

apa hayui

Wabah Virus Corona (Covid-19) tidak hanya berdampak pada kesehatan, tetapi juga berdampak pada sektor pendidikan di berbagai negara salah satunya adalah negara Indonesia. Lonjakan kasus Covid-19 menyebabkan sistem pendidikan di Indonesia mengalami perubahan dari luring menjadi daring dimana kegiatan pendidikan harus tetap berjalan ditengah-tengah pandemi Covid-19. Adanya pandemi ini menyebabkan seluruh pelajar di Indonesia harus beradaptasi untuk belajar secara online.

Adanya perubahan sistem pendidikan ditengah pandemi ini, pemerintah khususnya kementrian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi (Kemendikbud Ristek) menciptakan program baru bernama Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Salah satu program dari MBKM adalah Studi Independen bersertifikat.

Studi Independen bersertifikat bagian dari program Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan, namun tetap diakui sebagai bagian dari perkuliahan.

Ihza Anafin adalah mahasiswa Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro yang ikut berpartisipasi dalam program Studi Independen Bersertifikat. Mitra yang menjadi tempat saya belajar adalah PT. Dwi Inti Putra (My Edu Solve) yang terletak di Jl. ARJUNA UTARA NO. 28, RT 13/07, GROGOL PETAMBURAN, JAKARTA BARAT, DKI JAKARTA 11470


Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline