Lihat ke Halaman Asli

Fakta Menarik Ikan

Diperbarui: 17 November 2023   13:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://harian.disway.id/read/683185/manfaat-ikan-koi-selain-memperindah-kolam

Hewan terbasah di planet ini adalah ikan. Di hampir semua tempat dimana anda dapat menemukan air, baik itu air asin maupun air tawar anda juga dapat menemukan ikan. Ikan terdapat dengan berbagai macam ukuran bentuk dan warna namun semuanya memiliki ciri-ciri yang sama yang perlu anda ketahui ikan adalah hewan vertebrata, kerangkanya terdiri dari tulang atau tulang rawan. Mereka juga berdarah dingin suhunya tidak konstan artinya tergantung suhu air. Fakta lain yang sangat penting yang harus diingat adalah hampir semua ikan bersisik dan mempunyai insang.

Insang merupakan alat pernafasan ikan. Proses pernafasan sangat menarik, air masuk melalui mulut dan menuju ke insang, insang kemudian mengumpulkan oksigen dan mendistribusikannya ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah kemudian air tersebut dikeluarkan melalui lubang yang terdapat pada sebagian besar ikan di belakang kepalanya yang disebut dengan penutup insang. Ikan berkembang biak dengan cara bertelur oleh karena itu mereka adalah hewan avipar dan pembuahannya dapat dilakukan secara eksternal atau internal. Beberapa ikan adalah ayah yang sangat baik. Hampir semua ikan adalah karnivora yang memakan kekuatan yang lebih kecil dari diri mereka sendiri dan oleh karena itu mereka masing-masing memiliki cara yang berbeda untuk mempertahankan diri. Tindakan yang paling umum dilakukan adalah ketika merasa terancam adalah melarikan diri secepat mungkin atau berenang menjauh dengan cepat, tetapi ada cara lain untuk mempertahankan diri yang jauh lebih orisinal misalnya ikan badut dengan menyembunyikan dirinya di antara musuh-musuh berbisa, yang lain meniru atau menyamarkan diri dengan latar belakangnya dengan memperoleh warna dan bentuk tanaman dan bebatuan di sekitarnya. 

Sekarang penulis punya fakta yang sangat penting yang harus selalu anda ingat, ini sangat penting karena anda sudah mengetahui ikan serta banyak hewan lainnya yang hidup di air. Air sangat penting bagi kehidupan dan oleh karena itu, kita harus menjaganya. Kita harus melindunginya. Ada orang-orang yang mencemari alam dengan membuang sampah ke sungai dan lautan tanpa memikirkan dampak buruknya. Plastik dan zat-zat yang mencemari air akan membuat mati sejumlah besar ikan, penyu, lumba-lumba, hiu paus, dan masih banyak lagi yang mati setiap hari karena kontaminasi. Air adalah sumber kehidupan, kita harus menjaga dan melindunginya. Maka jagalah alam pada semua makhluk hidup agar mereka bisa hidup bahagia




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline