Lihat ke Halaman Asli

ihsan rabbani

Komunikasi Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri Mataram

Saatnya Gen-Z Memilih, Pemilu 2024

Diperbarui: 2 Desember 2023   14:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.panggungharjo.desa.id

Tahun ini kita sudah memasuki tahun politik. Tahun yang sedang hangat-hangatnya membicarakan soal nomor berapa yang jadi pilhan warna apa yang menjadi warna identitas politik. Bahkan sampai gaya berfoto pun kita bisa dinggap condong ke arah mana. Jadi pada tahun ini gaya kita, tindakan kita akan sangat diperhatikan oleh orang.

pemilu bukanlah hal yang baru di negara ini, kegiatan ini rutin dilakukan. namun bagi sebagian besar gen-z menganggap hal ini adalah hal yang baru. Gen-z menjadi salah satu kelompok yang akan memiliah pada pemilu 2024 yang akan mendatang. dengan kuantitasnya yang sangat besar  bisa sampai 40 persen dari negara indonesia, dengan begitu suara gen-z ini akan sangat berpengaruh pada pemilu 2024.

Saat ini gen-z banyak mengikuti alur pemilu melalui media sosial mereka. dikarenakan karakter gen-z yang lebih aktif bermedia sosial dari pada mereka duduk di depan tv melihat berita, dengan begitu gen-z sangat up to date tentang informasi yang tersebar. mereka bisa sangat cepat mendapatkan informasi dari media sosial. dengan begitu para pasangan calon capres dan cawapres saat ini sedang gencar-gencarnya kampanye melalui media sosial. selain hemat dan mudah mereka juga menyasar anak muda agar memilih mereka.

Melihat fenomena yang terjadi saat ini. ada banyak cara untuk menarik minat para generasi musda dalam memilih calon pemimpin. Gen-z akan cenderung melihat dari sudut pandang mereka, yang melihat bahwa pemimpin yang cocok untuk mereka adalah pemimpin yang bisa satu keinginan dan tujuan dengan mereka.

Dalam penyelenggaraan pemilu tahun 2024 Prabowo memilih Gibran untuk menjadi pasangannya dalam pilpres 2024. Hal ini dapat kita lihat bahwa strategi Prabowo dalam menarik minat anak muda untuk memilih dirinya dengan cara menunjuk calon wakil presiden yang muda. Prabowo juga dalam kampanye-nya berjanji membantu anak muda agar bisa dapat rumah sendiri. Dengan begitu anak muda akan lebih tertarik memilih pasangan Prabowo dan Gibran.

Langkah Prabowo untuk menunjuk Gibran sebagai calon wakil presiden bisa mengispirasi anak muda untuk bisa ikut dalam dunia politik dan bisa membangkitkan semangat anak muda dalam pemilu 2024. Karena suara mereka menentukan bagaimana Indonesia kedepannya. Anak muda sebagai wadah untuk menjadikan pemilu 2024 yang bersih tidak ada kecurangan dalam hal apapun.

Dengan begitu gen-z tidak lagi hanya menjadi penonton dalam pentas demokrasi saat ini, namun mampu ikut campur menyuarakan apa keluh kesah yang dirasakan saat ini. dengan adanya media sosial lebih mempermudah gen-z dalam menyampaikan suaranya. Dan diharapkan pemilu tahun 2024 berjalan dengan bersih dan jujur tanpa ada kecurangan apapun.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline