Lihat ke Halaman Asli

Ihsan Fahmi

Bekasi, Indonesia

Lima Menu Andalan Berbahan Jahe, Cocok Dikonsumsi Saat Musim Hujan

Diperbarui: 12 Januari 2021   16:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Wedang Jahe(by : gambaridco.blogspot.com)

Saat musim penghujan tiba,  Kekebalan tubuh harus dijaga dengan ekstra, selain harus menerapkan pola hidup yang sehat, baik pola makan, minum, istirahat dan beraktivitas. Di musim penghujan, manusia juga harus waspada terhadap resiko yang ditimbulkan, seperti sakit dan menghadapi situasi banjir. Oleh karena itu, untuk menjaga tubuh tetap fit saat musim hujan. Salah satunya dengan cara mengkonsumsi makanan dan minuman berbahan jahe. Dilansir dari Timesofindia, Jahe memiliki banyak manfaat, diantaranya, membuat tubuh jadi lebih hangat, menyembuhkan sakit perut, meredakan batuk, dan mengurangi peradangan.

Berikut Lima rekomendasi makanan dan minuman berbahan Jahe.

1. Wedang Jahe

Wedang jahe atau jahe hangat adalah salah satu minuman yang cukup mudah untuk dibuat. Selain Jahe sebagai bahan utamanya, di minuman ini kamu bisa mencampurnya dengan beberapa rempah dan bahan lainnya, antara lain, madu, sacang, dan daun mint. Tepat rasanya, minuman hangat dari sensasi jahe ini menjadi salah satu pilihan untuk dinikmati bersama keluarga, dan orang tercinta. 

2. Susu Jahe

Foto: Susu Jahe (by: Gambarcontohbanner.blogspot.com)

Variasi dari minuman berbahan jahe lainnya adalah, dengan mengkombinasikan susu sebagai bahan campurannya. Perlu dicatat, susu tersebut bukanlah susu kental manis ataupun olahan, melainkan susu organik (susu sapi murni). Minuman yang sangat tepat disajikan ketika hangat, dapat kamu temui di warung kopi maupun warung pinggir jalan yang menawarkan minuman susu jahe tersebut. harga satu gelas susu jahe tersebut sangat terjangkau, yakin deh tak buat dompet jebol.

3. Wedang Ronde

Foto: Wedang Ronde (By : Resepimasakan.net)

Salah satu jajanan tradisioanal lainnya berbahan jahe, ialah wedang ronde. Wedang Ronde merupakan makanan tradisional asal negeri Panda, yaitu China. Namun seiring berjalannya waktu, makanan ini sudah sangat melekat di masyarakat Indonesia.

selain pembuatannya yang mudah, beberapa bahan rempah dari wedang ronde mudah didapatkan dipasaran. Wedang ronde pada umumnya disajikan dengan satu mangkuk kecil. Dalam satu mangkuk tersebut terdiri dari sirup jahe panas yang sudah diolah, irisan roti tawar, kolang kaling, butiran mutiara, kacang tanah, dan bulatan kenyal. Selain akan merasakan hangatnya jahe, kuah sirup jahe yang manis akan berpadu dengan campuran bahan lainnya, yang akan memberikan sensasi kenikmatan di mulut.    

Makanan tersebut mudah kamu temui di warung pinggir jalan, harga satu mangkuknyanya juga cukup terjangkau. Ayo Cobain.

4. Bir Pletok

Foto : Bir Pletok (By : eatologi.com)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline