Lihat ke Halaman Asli

ihsan dewanto

Mahasiswa

Perkembangan Artificial Intelligence di Dunia

Diperbarui: 19 Juni 2022   17:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Dari namanya, Artificial Intelligence atau AI terdengar seperti teknologi yang dapat merubah kehidupan manusia. Saat ini, AI diyakini sebagai pengungkit ekonomi di dunia, dengan itu perkembangan AI sejauh ini telah menjurus ke berbagai sektor seperti otomotif, retail, dan pertanian. Sebagian besar contoh AI yang telah sering didengar mulai dari komputer yang bermain catur hingga mobil yang mengendarai sendiri.

Jika kita melihat ke masa depan AI dapat dikembangkan ke banyak hal lain. Untuk lebih memahami AI ke masa depan maka harus lihat sejarah perkembangannya.

Istilah Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) dibuat pada tahun 1956. Riset mengenai AI pada tahun 1950-an mempelajari topik penyelesaian masalah. Sejarah AI berawal di tahun 1950 oleh seorang ilmuwan matematika, Alan Turing dalam tulisannya berjudul Computing Machinery and Intelligence mengeluarkan pernyataan yang membangkitkan semangat pengembangan AI.

Pada tahun 1960-an Departemen Pertahanan AS tertarik dengan riset ini dan mlai melatih komputer untuk meniru sistem penalaran manusia, organisasi yang terbentuk dari itu adalah Defense Advanced Research Projects Agency (DAPRA) . Selain itu tahun 1960 muncul metode bernama Natural Processing (NLP), dari itu terbentuk sebuah AI bernama ELIZA yang merukapan Chatbot pertama sebelum munculnya Siri dan Alexa.

Memasuki tahun 1990-an, AI telahmendapatkan banyak rekognisi. Dimana, banyak perusahaan Amerika yang berinvestasi, dan dengan peran pemerintah Jepang yang membantu pengembangannya AI. Pada tahun 1977 terdapat mesin Deep Blue yang telah mengalahkan pemain Catur Kelas Internasioanl, Garry Kasparov. 

Selain itu juga adanya penggunaan Speech Recognition Software oleh Windows. Di tahun 1998, AI banyak membantu membangun mainan ana-anak. Contohnya adalah Furby.

Pada abad 21, penggunaan AI terus meningkat dan informasi mengenainya terus menyebar di berbagai media seperti Film. Pada abad 21 ini juga terbentuk Machine Learning (ML) seperti mobil tanpa pengemudi yang dipublikasikan pada tahun 2014.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline